Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 15 Mei 2018 - 13:35:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Ingin Pertumbuhan Ekonomi Terus Meroket

88Jokowi-sriMulyani2.jpg.jpg
Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Joko Widodo meminta pertumbuhan ekonomi nasional kuartal pertama 2018 sebesar 5,06 persen terus lebih ditingkatkan lagi untuk masa-masa berikutnya.

"Saya minta momentum pertumbuhan ekonomi nasional kuartal pertama 2018 sebesar 5,06 persen terus kita lebih tingkatkan lagi, (untuk) menjaga daya beli, meningkatkan investasi dan meningkatkan daya saing ekspor kita," kata Presiden saat memimpin Rapat Terbatas kebijakan ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal (KEM PPKF) 2018 di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Khusus untuk ekspor, Jokowi meminta hambatan dihilangkan, baik dalam soal perijinan, perbankan, maupun pembiayaan, termasuk pajak dan kepabean.

"(Hambatan) segera kita hilangkan, bukan hanya di pemerintah pusat saja, tapi juga termasuk pemerintah daerah," perintah Jokowi kepada kabinetnya yang dimintanya tidak ragu merancang insentif-insentif yang tepat.

"Kita harapkan manfaatnya segera kelihatan," sambung Jokowi.

Mantan Gubernur DKI itu juga mengingatkan untuk mewaspadai risiko, terutama ketidakpastian ekonomi global, volatilitas keuangan global yang dipicu kebijakan normalisasi meneter di AS yang telah banyak menyebabkan depresiasi mata uang di negara-negara dunia, tidak kecuali Indonesia.

"Tapi Alhamdulillah dibanding dengan negara-negara lain kita jauh lebih baik," kata Jokowi.

Presiden juga meminta mewaspadai faktor ekternal seperti harga minyak, potensi perang dagang AS-Tiongkok dan kondisi geopolitik internasional.

"Kita juga perlu menyiapkan diri mitigasi ketidakpastian global dan melakukan antisipasi pergerakan menuju kesimbangan perekonomian global," kata dia.(yn/ant)

tag: #pertumbuhan-ekonomi-indonesia  #ekonomi-indonesia  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...