Demi Pembukaan Asian Games 2018, Rumput GBK Dipindah
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 16 Mei 2018 - 08:47:09 WIB

Bagikan Berita ini :

7Stadion-GBK.jpg.jpg
Sumber foto : Istimewa
Stadion GBK

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan memindahkan rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) ke samping lapangan panahan, menyusul persiapan pemasangan peralatan untuk upacara pembukaan Asian Games.

"Untuk mempersiapkan upacara pembukaan nanti, kami akan ambil rumput di lapangan Stadion Utama dan memasang pelapis 'armor deck' sehingga lapisan bawah stadion tidak rusak meski kami menggunakan berton-ton peralatan," kata Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Eris mengatakan rumput di Stadion Utama GBK perlu dipindah dan disemaikan di tempat lain menyusul penutupan area bawah stadion menghabiskan waktu tiga bulan hingga upacara pembukaan Asian Games pada 18 Agustus.

"Kami perlu area seluas 17 - 18 ribu meter persegi. Peralatan pelapis itu berasal dari sewa di dalam negeri dan juga sewa dari luar negeri. Kami akan mengembalikan rumput itu setelah upacara pembukaan," kata Eris.

Sementara, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) Winarto mengatakan pemindahan rumput di lapangan Stadion Utama akan segera dilakukan INASGOC pada 16 Mei setelah penyelenggaran pertandingan sepak bola Piala AFC pada Selasa (15/5) malam.

"Persiapan penggunaan lapangan untuk upacara pembukaan Asian Games berbeda dengan penggunaan untuk konser musik," kata Winarto.

Penanggung jawab upacara pembukaan dan penutupan INASGOC Herty Purba mengatakan pemindahan rumput di Stadion Utama akan berlangsung pada Rabu (16/5) mulai pukul 00.00 WIB.

"Kami akan mulai gulung rumput di lapangan pada tengah malam dan memasang armor deck sekitar enam jam setelah itu. Armor deck akan dipasang baik di lapangan berumput ataupun lintasan lari," kata Herty.

Herty mengatakan lapangan di Stadion Utama GBK akan dikembalikan lagi selepas upacara pembukaan pada 19 Agustus untuk persiapan perlombaan atletik.

"Kami akan menyelesaikan pemasangan armor deck pada 20-22 Mei. Lalu, kami akan dapat menyiapkan konstruksi panggung upacara pembukaan," ujar Herty.

INASGOC, lanjut Herty, tidak akan memindah rumput di lapangan Stadion Utama pada upacara penutupan Asian Games menyusul waktu persiapan hanya tiga hari atau lebih singkat dibanding upacara pembukaan.

"Konsep upacara penutupan lebih bersifat selebrasi, dibanding upacara pembukaan yang lebih kolosal dan kultural seperti Olimpiade. Kami juga akan memadatkan latihan upacara penutupan sekaligus saat upacara pembukaan," kata Herty tentang jaminan rumput di Stadion Utama saat penutupan Asian Games.(yn/ant)

tag: #asian-games-2018  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING
TSTRENDING