Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 16 Mei 2018 - 08:47:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Demi Pembukaan Asian Games 2018, Rumput GBK Dipindah

7Stadion-GBK.jpg.jpg
Stadion GBK (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan memindahkan rumput lapangan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) ke samping lapangan panahan, menyusul persiapan pemasangan peralatan untuk upacara pembukaan Asian Games.

"Untuk mempersiapkan upacara pembukaan nanti, kami akan ambil rumput di lapangan Stadion Utama dan memasang pelapis 'armor deck' sehingga lapisan bawah stadion tidak rusak meski kami menggunakan berton-ton peralatan," kata Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto di Jakarta, Selasa (15/5/2018).

Eris mengatakan rumput di Stadion Utama GBK perlu dipindah dan disemaikan di tempat lain menyusul penutupan area bawah stadion menghabiskan waktu tiga bulan hingga upacara pembukaan Asian Games pada 18 Agustus.

"Kami perlu area seluas 17 - 18 ribu meter persegi. Peralatan pelapis itu berasal dari sewa di dalam negeri dan juga sewa dari luar negeri. Kami akan mengembalikan rumput itu setelah upacara pembukaan," kata Eris.

Sementara, Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK-GBK) Winarto mengatakan pemindahan rumput di lapangan Stadion Utama akan segera dilakukan INASGOC pada 16 Mei setelah penyelenggaran pertandingan sepak bola Piala AFC pada Selasa (15/5) malam.

"Persiapan penggunaan lapangan untuk upacara pembukaan Asian Games berbeda dengan penggunaan untuk konser musik," kata Winarto.

Penanggung jawab upacara pembukaan dan penutupan INASGOC Herty Purba mengatakan pemindahan rumput di Stadion Utama akan berlangsung pada Rabu (16/5) mulai pukul 00.00 WIB.

"Kami akan mulai gulung rumput di lapangan pada tengah malam dan memasang armor deck sekitar enam jam setelah itu. Armor deck akan dipasang baik di lapangan berumput ataupun lintasan lari," kata Herty.

Herty mengatakan lapangan di Stadion Utama GBK akan dikembalikan lagi selepas upacara pembukaan pada 19 Agustus untuk persiapan perlombaan atletik.

"Kami akan menyelesaikan pemasangan armor deck pada 20-22 Mei. Lalu, kami akan dapat menyiapkan konstruksi panggung upacara pembukaan," ujar Herty.

INASGOC, lanjut Herty, tidak akan memindah rumput di lapangan Stadion Utama pada upacara penutupan Asian Games menyusul waktu persiapan hanya tiga hari atau lebih singkat dibanding upacara pembukaan.

"Konsep upacara penutupan lebih bersifat selebrasi, dibanding upacara pembukaan yang lebih kolosal dan kultural seperti Olimpiade. Kami juga akan memadatkan latihan upacara penutupan sekaligus saat upacara pembukaan," kata Herty tentang jaminan rumput di Stadion Utama saat penutupan Asian Games.(yn/ant)

tag: #asian-games-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...