Berita
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 16 Mei 2018 - 22:38:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Curigai Santri Bawa Bom, Ketua PBNU Meradang

26santri.jpg.jpg
Polisi tengah memerintahkan seorang santri untuk membongkar bungkusan dus yang dibawa lantaran disangka berisi bahan membahayakan atau juga bom (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) M Sulton Fathoni menyebut, viralnya video penginterogasian seorang santri yang mengenakan sarung dan membawa kardus oleh beberapa polisi memperlihatkan potret aparat keamanan cenderung gagap menghadapi masyarakat yang mengenakan simbol ataupun pakaian keagamaan.

"Rekaman video tersebut tak hanya potret kegagapan aparat kita, juga keterbatasan penguasaan ilmu tentang masyarakat Muslim yang bersifat keamanan," kata Sulton di Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Sebelumnya, beredar rekaman video viral di media sosial tentang seorang santri putera yang diinterogasi beberapa polisi di pinggir jalan karena curiga terhadap ransel dan kardus yang dibawanya.

Menurut Sulton, aparat tak hanya harus memahami tentang seluk beluk senjata dan terorisme. Faktor penting lainnya yang perlu dipahami adalah struktur dan kultur sosial masyarakat Muslim.

Pengabaian terhadap faktor kultur dan struktur sosial masyarakat Muslim, kata dia, akan berakibat pada ketidakjelian identifikasi.

"Penting memahami struktur dan kultur masyarakat Muslim Indonesia. Ini tema yang tidak rumit. Coba belajarlah agar sasarannya tepat dan tidak menimbulkan kejengkelan baru masyarakat luas," kata dia.

Sulton meyakini jika kasus seperti itu tidak dievaluasi dan terjadi berulang-ulang maka berpotensi memunculkan kegaduhan dan keresahan masyarakat.

"Ujungnya, para teroris bersorak upayanya membuat panik berhasil," kata dia.(yn/ant)

tag: #terorisme  #pbnu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...