Ragam
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 17 Mei 2018 - 10:26:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Kopi Spesialti Indonesia Pikat Publik Swedia dan Latvia

40kopi.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

LONDON (TEROPONGSENAYAN)--Kedutaan Besar Indonesia di Stockholm menggelar promosi Kopi Spesialti Indonesia di Swedia dan Latvia dengan racikan kopi berasal dari beragam jenis biji kopi unggulan Indonesia, hasil seduhan tujuh orang Coffee Master, yang berhasil memikat dan mengundang perhatian pelaku usaha dan komunitas kopi Swedia dan Latvia

"Acara promosi kopi yang mengusung tema From Farm to Cup ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan perhatian publik Swedia dan Latvia terhadap keunggulan kopi Indonesia," demikian Kepala Fungsi Ekonomi Kedutaan Besar Indonesia di Stockholm, Rahmawati Wulandari, Kamis (17/5/2018).

Duta Besar Indonesia untuk Swedia dan Latvia, Bagas Hapsoro, menyampaikan, Kopi Indonesia memiliki cita rasa khas yang khas dan unik dibandingkan kopi dari negara lain. "Indonesia dikaruniai kekayaan alam yang berlimpah, antara lain tanah yang subur sehingga tepat untuk ditanami berbagai jenis macam tanaman, termasuk kopi," ujarnya.

Spesialti kopi Indonesia dikembangkan dengan pendekatan ramah lingkungan serta menekankan unsur sustainability dan pemberdayaan masyarakat lokal di sekeliling perkebunan kopi.

Pengolahan kopi pada dasarnya melibatkan berbagai pihak dan merupakan satu mata rantai yang panjang, mulai dari pemilik perkebunan, petani, peracik kopi, pedagang, eksportir, barista, pemilik kedai hingga konsumen kopi.

Indonesia yang saat ini merupakan negara ke-4 penghasil dan eksportir Kopi terbesar di dunia memiliki potensi untuk meningkatkan ekspor kopinya ke manca negara.

Swedia sebagai negara yang penduduk pencinta kopi terbanyak dengan rata-rata konsumsi kopi per-kapita sebesar 8,3 kg per tahun menjadi pasar potensial. Demikian pula Latvia, yang juga anggota Uni Eropa berada di kawasan Baltik, memiliki karakteristik penduduk dengan kecintaan terhadap kopi.

Diharapkan dengan adanya promosi ini, akan diikuti dengan peningkatan ekspor kopi Indonesia ke Swedia dan Latvia.

Acara Specialty Kopi dari Indonesia diadakan Kedutaan Besar Indonesia di Stockholm pada promosi Kopi Spesialti Indonesia di Swedia dan Latvia pada 14 dan 17 Mei lalu.

Publik Swedia dan Latvia disuguhi kopi jenis arabika dan robusta yang memiliki cita rasa khas dari Indonesia. Penggiat kopi dari Komunitas Kopi Nusantara, Dewaji Coffee, Koperasi Klasik Beans, dan Sembilan Gunung Coffee, memberikan paparan mengenai berbagai jenis kopi di Indonesia.

Paparan mereka juga menjelaskan rangkaian proses pengolahan Kopi dari hulu ke hilir, yang mulai dari perkebunannya, pengolahan, pemasaran, hingga akhirnya kopi Indonesia tersebut dapat dinikmati oleh Konsumen.(yn/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...