Berita

Presiden Resmikan KA Bandara Internasional Minangkabau

Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 21 Mei 2018 - 13:17:06 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

18Jokowi-Iriana-Kereta.jpg.jpg

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mencoba kereta bandara Minangkabau, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018) (Sumber foto : Istimewa)

PADANG (TEROPONGSENAYAN)--Presiden Joko Widodo meresmikan Kereta Api Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di stasiun bandara, Padang, Sumatera Barat, Senin (21/5/2018). Kereta tersebut dinamai Minangkabau Ekspres 

"Transportasi massal seperti kereta api bandara ini akan terus diperbanyak untuk mengatasi macet di perkotaan," kata Presiden Jokowi.

Kereta bandara BIM merupakan yang ketiga di Indonesia setelah di Kualanamu, Medan dan Soekarno-Hatta, Banten.

Saat ini juga sedang dibangun kereta api bandara di Solo dan kereta LRT penunjang Asian Games di Palembang.

"Kereta api bandara, MRT, LRT dan busway adalah beberapa contoh transportasi massal yang akan terus dibangun dan dikembangkan," terang dia.

Targetnya masyarakat umum merasakan manfaat dan kenyamanan angkutan massal dan mulai beralih pada moda transportasi itu, meninggalkan kendaraan pribadi agar kemacetan berkurang.

Selain meresmikan kereta api bandara itu, Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga mencoba langsung moda transportasi tersebut menuju Stasiun Simpang Haru Padang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, kereta api bandara di Sumbar murni menggunakan APBN, tidak seperti daerah lain yang juga melibatkan swasta.

"Tarif yang diberlakukan juga sangat murah agar bisa dimanfaatkan semua lapisan masyarakat," katanya.(yn/ant)

tag: #proyek-infrastruktur  

Bagikan Berita ini :

Kemendagri RI
advertisement