Opini
Oleh Salamuddin Daeng (Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia/AEPI) pada hari Selasa, 22 Mei 2018 - 09:16:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Siasat Rentenir Internasional Menjajah Negara Kere

99Salamuddin-Daeng2.jpg
Salamuddin Daeng (Sumber foto : Istimewa)

Tahap 1. Rancanglah mega proyek apa saja termasuk infrastruktur dalam jumlah sangat besar yang tidak akan mampu dibiayai dengan penerimaan APBN suatu negara atau kas BUMN suatu negara.

Tahap 2. Tempatkan orang orang dalam jabatan terkait dengan perencanaan ini seperti kementerian Bappenas, kementerian BUMN dan kementrian keuangan sebagai agen yang menjalankan mandat pemberi utang.

Tahap 3. Membuat rancangan utang super jumbo bagi APBN dan bagi BUMN dalam jumlah yang tidak akan mungkin dapat dilunasi sehingga akan tercipta ketergantungan dalam jangka panjang dan terus menerus.

Tahap 4. Buat ilusi PDB besar, sehingga terlihat seolah olah negara tersebut layak mengambil utang. Meski semua orang tau bahwa PDB tidak ada kaitan dengan utang. PDB sebetulnya adalah milik pemberi utang itu sendiri. Utang berkaitan dan akan dibayar dengan pajak dan penerimaan non pajak. Dengan demikian maka tercipta ilusi seolah pemerintah dan BUMN mampu bayar utang. Padahal kenyataan tidak mampu.

Tahap 5. Lakukan revaluasi aset BUMN, buat asetnya menggelembung sehingga tersedia landasan bagi BUMN tersebut untuk ambil utang. Dengan demikian tidak akan kelihatan publik bahwa seluruh aset BUMN telah dijadikan jaminan utang.

Tahap 6. Lakukan holding BUMN agar tidak hanya satu atau dua BUMN yang dijadikan jaminan utang. Kalau bisa semua aset BUMN strategis telah menjadi jaminan utang. Holding juga menyediakan kesempatan para pejabat untuk korupsi atau mengambil untung secara pribadi.

Tahap 7. Tempatkan tukang ambil utang sekaligus berperan sebagai debt collector atau tukang tagih nantinya, sebagai menteri BUMN untuk tagih deviden BUMN dan menteri keungan untuk tagih pajak ke rakyat.

Tahap 8. Jatuhkan nilai tukar, dengan demikian maka pemerintah dan BUMN akan membayar kewajiban lebih besar dari utang yang sebenarnya. Pemerintah dan BUMN tidak hanya membayar kewajibam bunga tapi juga membayar selisih kurs.

Tahap 9. Naikkan resiko utang, dengan demikian maka pemerintah dan BUMN harus membayar asuransi resiko yang lebih mahal.

Tahap 10. Paksa pemerintah menaikkan pajak dan memperluas basis pajak agar terus dapat membayar utang. Saat yang sama belanja publik dan belanja lainnya harus dipangkas, sehingga APBN tetap prioritas membayar kewajiban utang.

Tahap 11. Paksa Bank Indonesia atau otoritas moneter menaikkan suku bunga, dengan demikian maka bank penyalur kredit mendapat bunga lebih besar dari rakyat. Jika kredit macet maka pemerintah dipaksa menalagi bank yang terancam bangkrut. Bagus jika benar benar bangkrut maka bank bisa disita oleh rentenir global.

Tahap 12. Naikkan sewa, harga, biaya, seluruh sektor publik, seperti BBM, listrik, pendidikan, kesehatan (BPJS) untuk meningkatkan daya sedot keuangan rakyat. Jika rakyat tidak mampu maka badan badan yang menangani urusan publik tersebut bangkrut, setelah itu bisa disita oleh rentenir internasional.

Begitulah Cara Pemerintah Menjalankan Negara Agar Langgeng berkuasa Dibawan Naungan Rentenir Internasional.(*)

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Opini Lainnya
Opini

In Prabowo We Trust" dan Nasib Bangsa Ke Depan

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya kemarin di acara berbuka puasa bersama, "Partai Demokrat bersama Presiden Terpilih", tanpa Gibran hadir, kemarin, ...
Opini

MK Segera saja Bertaubat, Bela Rakyat atau Bubar jalan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) segera bertaubat. Mumpung ini bulan Ramadhan. Segera mensucikan diri dari putusan-putusan nya yang menciderai keadilan masyarakat.  Di ...