Berita
Oleh Enjang Sofyan pada hari Rabu, 23 Mei 2018 - 22:23:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Pilkada dan Pilpres, Mahyudin: Jadilah Jiwa-Jiwa Pemersatu

87IMG-20180523-WA0000.jpg.jpg
Mahyudin (Sumber foto : Humas MPR RI)

BERAU (TEROPONGSENAYAN)--Pemilihan kepala daerah serentak pada 2018 dan pemilihan presiden pada 2019 sudah munculkan benih-benih pembelahan (perpecahan) di masyarakat. Wakil Ketua MPR Dr. Mahyudin berharap setiap warga negara memiliki tanggungjawab yang sama untuk menjaga dan memelihara bangsa ini.

"Turunkan tensi-tensi untuk fitnah. Hentikan penyebaran hoax. Kurangi jiwa haters dalam diri kita. Jadilah jiwa-jiwa yang mempersatukan dan membawa kedamaian di bumi Indonesia," katanya di Tanjung Redeb, Berau, Selasa malam (22/5/2018).

Itulah imbauan Wakil Ketua MPR untuk mencegah pembelahan di masyarakat menjelang Pilkada serentak 2018 dan Pilpres 2019 agar tidak mengulangi masyarakat yang terbelah seperti pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

Khususnya dalam pemilihan gubernur Kalimantan Timur, Mahyudin melihat kondisi di Kaltim relatif aman dan terkendali tidak seperti Pilgub di DKI Jakarta. "Masyarakat di sini juga heterogen. Tapi tetap saya harus ingatkan untuk menjaga persatuan," katanya.

"Saya kira siapa pun yang terpilih menjadi gubernur, itulah gubernur kita. Tidak perlu ada gesekan apalagi membawa unsur-unsur SARA dalam kampanye Pilgub," sambungnya.

Menurut Mahyudin, demokrasi akan tetap terjadi persaingan dan pengelompokan. Begitu juga dalam Pilpres 2019. Sekalipun kubu Jokowi dan Prabowo bersatu, akan ada kubu lawan. Meski Jokowi dan Prabowo bersatu, tidak bisa meredam pembelahan di masyarakat. "Saya kira politik akan seperti itu. Meskipun disatukan, akan tetap terjadi pembelahan di masyarakat," ujarnya.

Mahyudin beralasan tidak mungkin menyatukan seluruh pendapat. Itulah demokrasi seperti tampak dalam pemungutan suara. "Demokrasi tidak untuk menyamakan pendapat tapi bagaimana memperkecil perbedaan," ujarnya.

Karena itu, untuk mencegah masyarakat agar tidak terbelah, Mahyudin berharap setiap warga negara bisa mengurangi jiwa haters-nya (jiwa yang mengeluarkan kebencian). "Jadilah jiwa pemersatu dan membawa kedamaian di bumi Indonesia," pungkasnya.(yn)

tag: #mpr  #pilkada-serentak-2018  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...