Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 - 22:40:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Bantu Bayar Utang Negara, Anggota Parlemen Malaysia Donasikan Gaji

27814cf1a7-adfe-4468-bf9a-3dfee4bac4de_169.jpeg.jpeg
Anggota parlemen Malaysia, Nga Kor Ming. (Sumber foto : )

KUALA LUMPUR (TEROPONGSENAYAN) --Seorang anggota parlemen Malaysia yang mewakili wilayah Teluk Intan, Nga Kor Ming, mendonasikan gaji pertamanya ke Kementerian Keuangan.

Hal ini dilakukam untuk membantu pelunasan utang Negara yang ditinggalkan pemerintahan sebelumnya yang dipimpin mantan Perdana Menteri (PM) Najib Razak.

Seperti dilansir media Malaysia,Malay Mail, Sabtu (26/5/2018), gaji bulan pertama Nga sebagai anggota parlemen Malaysia yang disumbangkan berjumlah 16 ribu ringgit atau sebesar Rp 56,4 juta.

Nga adalah anggota parlemen dari Partai Tindakan Demokratik atau DAP, yang merupakan anggota koalisi Pakatan Harapan yang dipimpin PM Mahathir Mohamad.

"Beberapa hari lalu, Negara ini dibuat terkejut setelah Kementerian Keuangan merilis pernyataan soal utang nasional yang telah mencapai 1,08 triliun ringgit (Rp 3.837 triliun)," ucap Nga kepada wartawan di markas DAP.

"Pemerintahan baru Pakatan Harapan diwarisi beban berat untuk melunasi utang ini. Jadi, sebagai bagian saya dalam membantu Negara, saya mendonasikan gaji bulan pertama saya sebagai bentuk solidaritas dan patroitisme," terang Nga.

"Untuk melunasi (utang) uang sebesar itu tidak akan mudah, karena setiap warga, termasuk bayi yang baru lahir dan orang-orang penyandang disabilitas, harus menanggung 32 ribu ringgit (Rp 112,9 juta)," sebutnya.

"Ini karena pencucian uang dan pengelolaan yang buruk oleh pemerintahan sebelumnya," imbuh Nga.

Diungkapkan Nga, bahwa dirinya memutuskan untuk mendonasikan gajinya karena dia yakin pemerintahan yang baru di bawah PM Mahathir akan menggunakan uang ini untuk tujuan baik.

Nga bukan satu-satunya anggota parlemen Malaysia yang mendonasikan gaji ke Kementerian Keuangan.

Anggota parlemen wilayah Batu Gajah, V Sivakumar dan anggota parlemen wilayah Ipoh Timur, Wong Kah Woh, juga berjanji akan mendonasikan separuh dari gaji bulan pertama mereka, sekitar 8 ribu ringgit (Rp 28,2 juta), untuk membantu melunasi utang Negara.

Pada Kamis (24/5/2018) waktu setempat, Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng, mengungkapkan bahwa utang dan kewajiban pemerintah federal Malaysia total mencapai angka 1,087 triliun ringgit atau setara Rp 3.837 triliun.

Jumlah itu mencapai sekitar 80,3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Malaysia per 31 Desember 2017. (Alf)

tag: #malaysia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...