Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 31 Mei 2018 - 01:53:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR Dorong Umat Islam Salurkan Zakat Melalui Baznas

8420180528_194453.jpg.jpg
Bamsoet, Fahri Hamzah dan Jokowi saat bukber di Kediaman Ketua DPR RI kemarin. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendorong umat Islam menyalurkan zakatnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Menurut Bamsoet, panggilan akrabnya, kesadaran berzakat sama dengan berpartisipasi dalam pembangunan kesejahteraan umat.

“Zakat sekaligus menjalankan tanggung jawab sosial dalam mensejahterakan masyarakat yang masih berada dalam kekurangan,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (30/5/18).

Politisi Golkar itu sendiri sebekumnya telah menyalurkan zakatnya melalui Baznas. Penyerahan dilakukan bersama Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, serta para menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga Negara di Istana Negara pada Senin (28/5/2018) kemarin.

Sebagai salah satu rukun Islam, Bamsoet menilai potensi zakat umat Islam Indonesia sangat besar. Karenanya perlu dikelola secara profesional, aman dan teratur melalui Baznas. Sehingga bisa dimaksimalkan pemanfaatannya.

"Mengeluarkan zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu, dan telah memenuhi syarat sesuai ketentuan syari’at Islam. InsyaAllah dengan penyaluran melalui Baznas, zakat yang telah diserahkan dapat didistribusikan kepada para saudara kita yang berhak menerimanya (mustahiq)," ujarnya.

Menurut Bamsoet, berdasarkan data Baznas, potensi zakat umat islam Indonesia mencapai Rp 286 triliun. Jika zakat tersebut dikelola secara profesional akan membawa dampak yang signifikan, terutama dalam pengentasan kemiskinan.

"Membangun zakat sebagai instrumen dalam sistem pengentasan kemiskinan perlu digalakan. Karenaya, perlu kesadaran dari seluruh umat untuk mau menyisihkan rezekinya untuk membantu pengentasan kemiskinan," ungkapnya.

Meski demikian, mantan Presidium KAHMI ini menyadari, upaya menggali potensi dan optimalisasi peran zakat melalui Baznas belum berjalan maksimal. Tentu banyak faktor yang menyelimutinya, namun Bamsoet berharap kedepannya kaum muslim bisa mempercayakan penyaluran zakatnya melalui Baznas.

"Baznas harus aktif mensosialisasikan dirinya turun ke masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mempercayai pengelolaan zakatnya melalui Baznas. Jangan sampai potensi besar zakat menjadi sia-sia karena tidak dikelola secara profesional," pesan Bamsoet. (Alf)

tag: #bamsoet  #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...