Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 07 Jun 2018 - 15:17:16 WIB
Bagikan Berita ini :

DPD Protes KPU Soal Daftar Urut Caleg Berdasarkan Abjad

41muqowam.jpg
Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowwam (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Komite I DPD RI Akhmad Muqowwam memprotes Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang menempatkan nomor urut calon anggota (Caleg) DPD RI berdasarkan abjad. Penomoran urut ini dinilai tidak logis, tidak ilmiah dan gagal memahami UU MD3 (MPR, DPR, DPD, dan DPRD).

Demikian disampaikan Akhmad Muqowwam kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (7/6/2018).

KPU gagal memahami UU MD3 dengan mengeluarkan peraturan atau PKPU Nomor. 14 tahun 2018 tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilihan Umum Anggota DPD RI.

“Khususnya terkait ketentuan Daftar Calon Tetap (DCT) Caleg DPD RI untuk keperluan kampanye dan pemungutan suara penomor urutannya berdasarkan abjad nama calon,” kata dia.

Selain itu dalam ketentuan berikutnya ditetapkan bahwa nomor urut caleg DPD RI dimulai setelah nomor urut terakhir parpol peserta pemilu.

Karena itu Komite I DPD memdesak KPU untuk mengoreksi PKPU tersebut karena PKPU itu tidak logis, tidak ilmiah dan KPU gagal memahami serta menindaklanjuti UU tentang MD3 dalam PKPU tersebut.

“Kita minta KPU mengoreksi PKPU itu,” pungkasnya.(plt)

tag: #dpd  #kpu  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...