Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 09 Jun 2018 - 19:44:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi V DPR Soroti Layanan Mudik Gratis Di Batam, Kenapa?

73IMG-20180609-WA0055.jpg.jpg
Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono saat meninjau kesiapan pelayanan mudik Lebaran 2018 di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (9/6/2018). (Sumber foto : Bachtiar)

BATAM (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono mengkritisi kesiapan arus mudik disalah satu wilayah di Kepulauan Riau.

Kritikan tersebut terlontar saat Bambang bersama rombongan anggota Komisi V melakukan kunjungan kerja ke Batam, Kepulauan Riau, untuk meninjau kesiapan pelayanan mudik Lebaran 2018.

Saat meninjau pelayanan Posko Mudik Lebaran di Bandara Hang Nadim dan ikut melepas pemberangkatan mudik gratis di Pelabuhan Batu Ampar serta meninjau pelayanan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Pelabuhan Ferry Sekupang, Bambang mengungkapkan, masih banyak ditemui beberapa masalah dan kekurangan dalam pelayanan yang mengurangi kenyamanan pemudik.

"Saat meninjau pemberangkatan mudik gratis di Pelabuhan Batu Ampar, kami mengkritisi lokasi kumpul pemudik yang kurang nyaman karena berada di terminal petikemas. Selain itu, pemberangkatan kapal Pelni juga mundur hingga beberapa jam dari jadwal semula," kata Bambang kepada Wartawan di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (9/6/2018).

"Saat itu kapal Pelni terlambat 4 jam dari jadwal pukul 10.00 WIB. Tenda tempat menunggu calon pemudik juga kurang nyaman dan panas sehingga bisa mengganggu kesehatan warga," beber Politisi Gerindra itu.

Tak hanya itu, saat sidak ke Bandara Hang Nadim, pihaknya juga tidak menemukan anggota Basarnas dalam tim Posko Mudik dan tim Basarnas juga tidak ada di beberapa titik arus mudik lain, seperti bandara dan pelabuhan.

"Seharusnya, Badan SAR masuk dalam setiap tim Posko Mudik. Mereka juga harus bersiaga, jangan hanya bergerak ketika ada masalah atau kejadian," tandasnya.

Sekedar informasi, lrogram mudik gratis yang digelar Pelindo, Inalum dan Pemprov Kepri itu memberangkatkan sekitar 3.670 pemudik melalui TPK Pelabuhan Batu Ampar.

Pemberangkatan mudik gratis pertama di Batam yang dihadiri oleh Gubernur Kepri itu mendapat sambutan yang luar biasa dari warga Batam. Mereka berharap agar program serupa dapat terus berlanjut setiap tahun.

"Beberapa calon pemudik yang ditanya langsung oleh saya mengharapkan program mudik gratis dilanjutkan dan pelayanannya agar terus ditingkatkan," pungkas Bambang. (Alf)

tag: #komisi-v  #dpr  #lebaran  #kementerian-perhubungan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pengiriman Bantuan untuk Korban Gempa Terkendala Kapal, NU Bawean Minta Jokowi Turun Tangan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
GRESIK (TEROPONGSENAYAN) --Pengiriman bantuan logistik/sembako untuk korban Gempa Bawean, Gresik, terkendala menyusul minimnya armada kapal barang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan ...
Berita

Rojih Ubab Maimoen: Media Sosial Bisa Dijadikan Amal di Bulan Ramadan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi 1 DPR RI, KH. Rojih Ubab Maimoen mengajak masyarakat untuk mengunakan media digital dengan sebaik-baiknya. Apalagi, kata ia, di bulan Ramadan yang penuh ...