Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 11 Jun 2018 - 03:10:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Asosiasi PKL Indonesia Deklarasikan Poros Rakyat Kawula Alit Indonesia untuk Pemimpin Baru 2019

84IMG-20180610-WA0057.jpg.jpg
Ketua APKLI, Ali Mahsun di acara buka puasa bersama Kawulo Alit di kantor DPP APKLI, Jalan Cempaka Putih Timur V/III, Jakarta Timur, Minggu (10/6/2018). (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) mendeklarasikan poros Rakyat Kawula Alit Indonesia untuk Pilpres 2019.

Tujuannya, APKLI ingin memiliki pemimpin baru pada 2019 yang memiliki jiwa ksatria dan mampu merangkul pedagang kaki lima.

"Republik ini sudah dikendalikan oleh asing, semuanya aset ekonomi tata kelola bangsa dan negara kita hampir sepenuhnya dimonopoli oleh asing. Oleh karena itu, selaku presiden PKL Indonesia dan pemimpin besar revolusi kaki lima indonesia hari ini bersama yang lain kekuatan elemen yang lain bersama kawula alit kita mendeklarasikan poros rakyat kawula alit Indonesia pilpres 2019," kata Ketua APKLI, Ali Mahsun dalam sambutannya di acara buka puasa bersama Kawulo Alit di kantor DPP APKLI, Jalan Cempaka Putih Timur V/III, Jakarta Timur, Minggu (10/6/2018).

Ali mengatakan, Republik ini harus dikelola berbasis pembukaan undang-undang Dasar 1945 dimana rakyat harus dilindungi, bukan ditindas.

Ia mengatakan, hari ini yang terjadi justru sebaliknya. Rakyat dan pedagang kaki lima banyak diperlakukan tak adil oleh pemerintah.

"Oleh karena itu poros kawula alit Indonesia sekuat tenaga bersama elemen kekuatan bangsa yang lain Untuk mengantarkan sosok presiden yang ksatria dan pemimpin sejati," ujarnya.

Meski begitu, Ali belum menyebutkan siapa sosok yang akan didukung untuk Pilpres 2019 nanti. APKLI masih menunggu hasil Rapimnas 2018 yang akan digelar Juli atau Agustus 2018.

"Juli sampai Agustus 2018 yang jelas Kami tidak akan mendukung pemimpin yang hobinya menjual bangsa dan negara ini kepada kekuatan asing," ujarnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua DPP Partai Gerindra, Ferry Juliantono menyatakan dukungannya terhadap langkah APKLI.

Menurutnya, para pedagang kaki lima memiliki peran penting dalam perekonomian Tanah Air.

Ia mencontohkan, saat tahun 1997-1998 dimana ekonomi Indonesia melemah dan kerusuhan dimana-mana. Saat itu yang menjadi penopang perekonomian Indonesia adalah para pelaku usaha kecil menengah dan koperasi.

"Sekarang justru saya lihat pemerintah yang sedang berkuasa justru menghancurkan pelaku-pelaku usaha kecil menengah koperasi termasuk pedagang kaki lima yang oleh karena itu sebenarnya hari hari ini kita punya sisa waktu untuk mengembalikan lagi kejayaan usaha kecil menengah termasuk kaki lima dan koperasi," ujarnya.

Ferry menambahkan, sekarang rupiah sudah berada di kisaran Rp14.000 per 1 USD. Kedepan setelah lebaran berpotensi terus turun danembuat ekonomi Indonesia semakin lemah. Maka dari itu perlu kekuatan dari para pedagang kaki la dan pelaku usaha kecil menengah untuk menjadi penopang ekonomi Indonesia

"Ketika itu (peristiwa 98) nanti adalah suatu realita yang akan kita hadapi yang sekarang posisi kita sekarang adalah posisi supaya dengan teman-teman kaki lima dan pedagang besar menegah dan koperasi, dengan teman-teman kaki lima kita sekarang harus satu padu kan lagi kekuatan ini supaya bisa menyangga kembali perekonomian nasional," pungkasnya. (Alf)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...