Viral Perbedaan Foto Saat Jokowi dan Anies Masuk Bus Pemudik, Ada yang tak Yakin Asli?
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 18 Jun 2018 - 06:00:32 WIB

Bagikan Berita ini :

620180618_060212.jpg
Sumber foto : Ist
Gambar Jokowi dan Anies yang diunggah akun Twitter, @NetizenTofa.

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Foto Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat masuk dalam bus menyapa pemudik jadi bahan pembicaraan warganet akibat ada perbedaan yang dianggap begitu mencolok.

Betapa tidak, biasanya warga yang hendak mudik selalu membawa banyak barang bawaan untuk dibawa pulang ke kampung.

Tas-tas pemudik akan memenuhi bagian atas dalam bus.

Begitu juga yang menaiki kapal laut juga terlihat banyak pemudik membawa barang dalam tas baik yang berukuran kecil maupun besar. 

Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah sekaligus aktivis #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya memberikan pendapat mengenai perbedaan foto antara Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan yang viral di medsoa.

Dari akun Twitter pribadinya, @NetizenTofa dirinya mengunggah dua gambar saat Anies dan Jokowi sama-sama sedang menyambangi para pemudik yang hendak berlebaran di kampung halaman.

Pada foto pertama, nampak Anies yang masih mengenakan seragam dinas coklat, tangan kirinya memegang sebuah handphone untuk melakukan selfie dengan pemudik.

Sedangkan pada foto kedua, nampak Jokowi yang mengenakan seragam putih serta peci warna hitam berada di bagian tengah tempat duduk para pemudik.

Menambahkan di unggahannya, Mustofa juga menuliskan komentarnya:

"Dari foto ini dapat disimpulkan bahwa penataan properti dalam sesi foto bagian atas adalah lebih sempurna dibanding foto bawah.

Yang atas, berhasil meyakinkan saya bahwa itu memang suasana mudik asli.

Yg bawah, meskipun asli, gagal meyakinkan saya bahwa itu asli," tulisnya.

Diketahui gambar Anies di atas diambil saat dirinya tengah melepas 218 bus mudik gratis dari kawasan Monas Jakarta, menuju ke sejumlah kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Mudik bareng ini merupakan kerjasama Kementerian Perhubungan dengan 2 Bank BUMN.

Untuk menekan angka pemudik yang menggunakan sepeda motor, Kemenhub bersama BUMN melaksanakan, mudik gratis.

Sedangkan foto Jokowi pada gambar diatas merupakan potongan layar video dan televisi saat dirinya tengah menyapa dan mengucapkan selamat bepergian kepada pemudik di seluruh Indonesia.

Foto-foto tersebut menyebar dengan cepat di media sosial. 

Ada yang mempertanyakan kenapa bagian atas dalam bus yang ada Jokowi tidak ada tas atau kosong melompong.

Karena biasanya bagian atas penuh dengan barang pemudik yang pulang kampung.

Justru dalam bus yang ada Anies, terlihat bagian atas penuh dengan barang milik pemudik.

Perbedaan bagian atas membuat sejumlah netizen menyatakan keraguannya terhadap pemudik dalam bus yang tak ada tas atau barang bawaan.

Dikutip dari Kompas.com, ucapan itu diungkapkannya melalui sebuah video yang diambil di dalam bus di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (10/6/2018).

"Saya mengucapkan selamat jalan kepada seluruh pemudik. Kami mendoakan tiba selamat di kampung halaman, selamat menikmati waktu silaturahim dengan sanak saudara, dengan teman, dengan handai-taulan. Berbagi kebahagiaan, berbagi cerita dan tentu saja berbagi rezeki," kata Jokowi.

Presiden Jokowi sekaligus mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada umat Muslim di Tanah Air.

"Saya mengucapkan, Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kefitrian kita semakin mempererat persatuan dan persatuan dalam berbangsa, serta berguna untuk membangun bangsa ini ke depan," kata dia. (Alf) 

tag: #anies-baswedan  #jokowi  #lebaran  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Pembaca TeropongSenayan Yth

Dua pasangan calon (paslon) Pilpres 2019 telah mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Jumat (10/8/2018). Kedua paslon itu adalah Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi-Maruf didukung oleh sembilan partai. Yakni PDIP, Partai Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, PKB, PSI,Perindo, dan PKPI. Sedangkan Prabowo-Sandiaga didukung oleh empat partai. Yakni Partai Gerindra, PAN, PKS, dan Demokrat.

Dua cawapres, yakni Maruf Amin dan Sandiaga Uno disebut-sebut turut menentukan kemenangan sang capres pada 2019 nanti. Tentu, baik Maruf maupun Sandiaga memiliki kelebihan masing-masing, yang akan diekplorasi habis-habisan guna menarik simpati pemilih.

Nah, jika pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Anda pilih:

  • 1.Joko Widodo-Maruf Amin
  • 2.Prabowo Subianto-Sandiaga Uno
LIHAT HASIL POLING