TSJabar
Oleh Bara Ilyasa pada hari Sabtu, 23 Jun 2018 - 16:08:52 WIB
Bagikan Berita ini :

Poltracking: Ridwan-Uu Berpeluang Kuat Menangi Pilgub Jabar

2Hanta-Yuda-AR-Bara.jpg.jpg
Hanta Yuda usai merilis hasil survei terbaru yang dilakukan Poltracking Indonesia di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Sabtu (23/6/2018) (Sumber foto : Bara Ilyasa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengatakan, pasangan calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruhzanul Ulum (Rindu) diprediksi akan menjadi pemenang dalam gelaran Pilgub Jabar 27 Juni 2018.

Hal itu diungkapkannya berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan sejak 18 sampai 22 Juni 2018 lalu. Poltracking menemukan tingkat elektabilitas pasangan Rindu unggul jika dibandingkan dengan tiga pasangan calon lainnya.

"Berdasarkan pertanyaan dengan simulasi kertas suara, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dipilih 42 persen, unggul dari Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi yang hanya 35.8 persen, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 10.7 persen, TB Hasanuddin-Anton Charliyan 5.5 persen dan responden yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab sebesar 6 persen," jelasnya dalam konferensi pers di Hotel Sari Pan Pasifik Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (23/6/2018).

Menurut Hanta, jika tidak terjadi dinamika politik yang cukup kuat maka tidak terjadi perubahan suara terhadapa pasangan Rindu. Sebab, pada hari H nanti, masyarakat yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab tak akan ada lagi. Suara mereka yang sebesar 6 persen diyakininya akan menyebar ke setiap pasangan calon.

"Jika tidak ada dinamika politik yang cukup kencang, pasangan Rindu akan lebih unggul dari Duo DM. Meskipun saya katakan bisa saja Duo DM berbalik unggul kalau memang ada dinamika politik yang kuat. Sementara pasangan yang dua lainnya, objektif harus saya katakan sulit menjadi pemenang karena memang sangat kecil peluangnya," pungkasnya.

Lebih jauh Hanta menjelaskan, dalam survei tersebut menggunakan metode stratified multistage random sampling. Adapun jumlah sampel dalam survei adalah sebanyak 800 responen. Margin of error sebesar +/3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.(yn)

tag: #pilkada-jabar-2018  #ridwan-kamil  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJabar Lainnya
TSJabar

Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Dilantik Rabu

Oleh Ferdiansyah
pada hari Senin, 03 Sep 2018
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dijadwalkan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Rabu ...
TSJabar
Jadi Gubernur dan Wagub Terpilih

Ridwan-Uu Diperkenalkan dalam Rapat Paripurna DPRD Jabar

BANDUNG (TEROPONGSENAYAN)--Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum diperkenal kepada anggota DPRD Jabar. Ridwan-Uu diperkenalkan dalam Rapat ...