Berita
Oleh sahlan ake pada hari Kamis, 28 Jun 2018 - 08:15:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Kekalahan PDIP Tak Beratkan Suara Jokowi

9jokowipdip.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai kekalahan calon kepala daerah yang diusung oleh PDIP di beberapa Pilgub tidak serta merta berdampak buruk terhadap suara Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019.

"Kalau di Pilkada ini Jokowi ada yang tidak bersama dengan PDIP. Jadi kekalahan PDIP tidak serta merta (menjadikan) suara Jokowi akan berat. Suara PDIP iya akan berat, apakah suara Jokowi akan berat, belum tentu," kata Hendri saat dihubungi TeropongSenayan, Rabu (27/6/2018).

Menurut dia, ada perbedaan pandangan antara Jokowi dan PDIP terhadap pasangan calon di pilkada. Dia menyontohkan Pilkada Jawa Timur, dimana Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto sempat membocorkan bahwa Jokowi mendukung pasangan Khofifah-Emil Dardak dibanding Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarnoputri yang diusung oleh PDIP.

"Jadi kadang-kadang Jokowi dengan PDIP memang berbeda," tandasnya.

Berdasarkan hasil quick count, PDIP kalah di Pilkada Jabar dan Jatim. Partai banteng moncong putih ini unggul di Pilkada Jateng.

Pasangan yang diusung PDIP di Pilkada Jabar adalah Tb Hasanuddin-Anton Charliyan. Quick count berbagai lembaga menunjukkan pasangan itu ada di urutan buncit.

Di Pilgub Jatim, PDIP mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Berdasarkan hasil quick count, pasangan tersebut kalah oleh Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

Kemenangan dirasakan PDIP di Pilgub Jateng. Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung olehPDIP mengalahkan Sudirman Said-Ida Fauziah berdasarkan quick count berbagai lembaga survei. (plt)

tag: #jokowi  #pdip  #pilkada-serentak-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...