Bisnis
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 29 Jun 2018 - 05:37:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Telkom Dukung HKI Hadapi Revolusi Industri 4.0

47fototelkom.jpg
Ketua HKI Sanny Iskandar (paling kiri) dan Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan (paling kanan) saat menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pengembangan Layanan Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services (TIMES) disaksikan oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (kedua dari kiri) dan Sekjen HKI Rahmadi Nugroho (kedua dari kanan) di Jakarta, Kamis (28/6). (Sumber foto : Ist-Telkom)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Dalam rangka mendukung sektor industri Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ini, Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Dian Rachmawan bersama Ketua Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) Sanny Iskandar melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyediaan dan Pengembangan Layanan Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services (TIMES). Penandatanganan tersebut berbarengan dengan HUT HKI ke-30 dan disaksikan oleh Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto yang sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Kawasan Industri, di Grand Melia Hotel, Jakarta (28/6/2018).

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo sudah mencanangkan program “Making Indonesia 4.0” sebagai strategi Indonesia memasuki era digital yang tengah berjalan. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah agar Indonesia dapat bersaing dan memenangkan persaingan global, sehingga dapat menumbuhkan sektor industri.

"Untuk itu, Telkom mempunyai peran penting dalam mendukung kemajuan infrastruktur industri 4.0 (infrastruktur telekomunikasi), khususnya penyediaan jaringan Fiber Optic dan infrastruktur lainnya dengan tetap mengedepankan aspek reliability dan security,” ungkap Airlangga.

Sementara itu, Dian menyampaikan, kerja sama ini merupakan wujud komitmen Telkom untuk turut memajukan sektor industri Indonesia dengan melakukan Digitalisasi Kawasan Industri menjadi Industrial Estate 4.0.

"Di samping itu untuk meningkatkan value bisnis kedua entitas secara berkesinambungan,” ungkap Dian.

Dalam kesempatan ini, Dian juga menyampaikan apresiasinya atas kesediaan HKI sebagai partner Telkom daam mengembangkan layanan TIMES di kawasan industri. Saat ini, HKI mengelola 86 kawasan industri yang tersebar di 18 provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi, menyebut beberapa faktor kunci dari Revolusi Industri 4.0. Yaitu Digitalization (product & service), Internet of Things (IoT) yang memungkinkan interkoneksi people, things & machine, Utilization of Big Data, serta robotisasi produksi (machine). Untuk setiap key factor tersebut, Telkom siap mendukung implementasinya di Kawasan Industri.

“Melalui kerja sama dan dukungan infrastruktur Information & Communication Technology (ICT) Telkom yang mumpuni, diharapkan seluruh kawasan industri dapat berkembang sehingga memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan sektor industri Indonesia ke depannya serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Ketua Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) Sanny Iskandar.

“Dengan didukung oleh jaringan infrastruktur backbone fiber optic yang saat ini telah terbentang menghubungkan seluruh Nusantara mulai dari Banda Aceh hingga Papua serta jaringan infrastruktur internasional, kami siap untuk menjawab kebutuhan para pelaku industri di seluruh Indonesia,” tutup Dian.(plt)

tag: #telkom  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement