Opini

Layakkah Anda Mendapatkan Suara Mereka ?

Oleh Ariady Achmad pada hari Sabtu, 30 Jun 2018 - 07:21:45 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

69ariady.jpg

Ariady Achmad (Sumber foto : ist)

Pilkada Serentak 2018 sudah usai, lalu apa? Pertanyaan ini harus dijawab oleh semua kandidat yang menurut versi hitung cepat lembaga survei bakal memenangi pemilihan.

Dalam hemat saya, pilkada harus berdampak positif terhadap hidup sehari-hari para pemilih. Ini wajar, bahkan sangat manusiawi. Bagi mereka, momentum pemungutan suara pada Rabu (27/6/2018) bukan sekadar tercoblosnya kertas suara dan tercelupnya jari ke botol tinta.

Buat mereka, keputusan memilih Anda (wahai calon kepala daerah) adalah langkah awal melabuhkan harapan. Percayalah, Anda dipilih bukan karena tampan, cantik, populer, atau kaya raya. Bukan pula karena memiliki jaringan dan akses politik yang luar biasa. Anda dipilih karena dianggap mampu mewujudkan harapan mereka.

Pilkada, sekali lagi menurut saya, adalah soal harapan. Tentu, harapan itu sudah tertangkap dan tercatat secara rapi saat Anda (wahai calon kepala daerah) berkampanye berbulan-bulan sebelum Hari H pemungutan.

Sambil menunggu penghitungan final (real count) KPUD, alangkah eloknya jika catatan itu kembali Anda buka dan baca-baca. Pasti muncul dalam ingatan, harapan apa saja yang ditambatkan ke pundak Anda.

Jika para pemilih mengharapkan biaya pendidikan dan kesehatan murah, maka wujudkanlah. Jika mereka membutuhkan pasar, jalan, dan jembatan, maka bangunkanlah. Jika mereka memerlukan pekerjaan dan peluang usaha, maka berikanlah.

Anda sudah mendapatkan suara mereka. Silakan buktikan, bahwa Anda memang layak mendapatkannya.(*)

tag: #pilkada-serentak-2018  

Bagikan Berita ini :