Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 10 Jul 2018 - 23:06:06 WIB
Bagikan Berita ini :
Momen Promosikan Jakarta

Pras Ingatkan Pemprov DKI Maksimal Selenggarakan Asian Games

921508897169_prasetio-edi-marsudi.jpg.jpg
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Gelaran Asian Games 2018 sudah tinggal menghitung hari. Tepat pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti, Jakarta menjadi tuan rumah bersama Palembang untuk perhelatan pesta olah raga akbar se-Asia tersebut.

Pada momen ini, Jakarta juga merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke-491. Sebagai pusat ekonomi Indonesia, bahkan Asia, kota Jakarta harus terus berupaya meningkatkan daya saing dengan beragam program.

Demikian disampaikanKetua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudiusai rapat dengan sejumlahSKPD terkait, mulai Dinas Kominfo, Satpol PP, Dinas Pariwisata, Dishub dan lain-laindi Kantor DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/7/2018).

Pras meminta, agar Pemprov DKI segera memastikan berbagai fasilitas sarana dan prasarana yang representatif seperti fasilitas konvensi (MICE), hotel-hotel, pusat perbelanjaan dan berbagai objek wisata, termasuk sarana dan prasarana olahraga.

"Jakarta harus menunjukkan bahwa Indonesia layak menjadi center energy of Asia," tegasPras, panggilan akrabnya.

Menurut dia, di momen Asian Games ini saatnya membuat Kota Jakarta semakin berbenah. Mulai menyiapkan beragam arena olahraga bertaraf internasional hingga menyulap destinasi wisata semenarik mungkin.

"Masih banyak yang harus dipersiapkan. Jakarta harus mampu menjadi tuan rumah yang baik. Karena ini (Asian Games) adalah muka Indonesia di mata Internasional. Ini penting, agar para tamu negara se-Asia itu nantinya mau berkunjung lagi ke Jakarta di kemudian hari," terang Pras.

Karenanya, dia mengingatkan agar Pemprov DKI tidak main-main dengan event Asian Games 2018.

Pras ingin memastikan Jakarta sebagai tuan rumah siap menyambut Asian Games.

"Tentu kita sampaikan terima kasih dengan panitia Asian Games, kita ditunjuk sebagai tuan rumah. Kita pernah mengadakan Asian Games sudah lama sekali, yaitu tahun 1962 tepat di tahun kelahiran saya. Nah, sekarang kita jadi tuan rumah Asian Games lagi tepat saya sebagai Ketua Dewan," tuturnya.

Namun, dalam kesempatan ini, Prasmengkritik aneka persiapan Asian Games yang menurutnya masih banyak yang perlu dikebut.

Salah satunya, kata Pras, di Jakartamasih kurang gencar mempromosikan Asian Games.

"Kita harus apresiasi semua kegiatan divenue-venueAsian Games. Tapi kita (Jakarta) sebagai tuan rumah kok rasanya masih kurang mempromosikan Asian Games," katanya.

"Saya sering kunjungan kerja ke Palembang, saat turun dari Pesawat sudah terasa akan ada Asian Games. Tapi di Jakarta, kok belum ada promosi begitu. Dari segitu banyaknya Billboard, hanya berapa Billboard yang baru terpasang Asian Games," sesal Pras.

Untuk itu, Sekretaris DPD PDI-P DKI Jakarta ini mengingatkan agar Pemprov DKI berbenah dan segera melakukan kangkah-langkah yang diperlukan.

Indonesia, jelasPras, sebagai tuan rumah penyelenggara pesta besar ini harus mampu menunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta dan Indonesia aman dan mampu melayani tamu-tamu dari luar negeri dengan baik dan maksimal.

Pras juga mempertanyakan kesiapan Pemprov DKIdalam pengendalian massa saat Asian Games berlangsung.

Dia mengaku khawatir masih banyaknya pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitarvenueAsian Games di Stadion GBK.

"Bagaimana nanti pengendalian massa saat Asian Games?. Saya lihat nanti bakal banyak masyarakat yang masuk ke area GBK. Di area GBK ini, pesertanya sebagai Asia, harus dibuat steril dari PKL, terutama di trotoar. Kalau PKL masih menumpuk, nanti jadiforce majeuredi mana-mana, nanti jadi nggak bagus juga," jelas Pras.

"Makanya, tadi saya panggil semua SKPD terkait hal itu, baik Kominfo, Satpol PP, Dinas Pariwisata, Dishub dan lainnya," ungkapPras.

Selain itu, Pras juga mengusulkan agar siswa digratiskan masuk kevenueAsian Games. Menurutnya, kehadiran siswa dapat semakin menyemarakkaneventterbesar se-Asia tersebut.

"Karenanya, melalui koordinasi antar SKPD ini akan sangat baik mengontrol persiapan yang perlu dievaluasi. Hanya saja saya menekankan, sepertiDinas Olahraga bilang hanya ada 250 orang per wilayah. Jadi penontonnya hanya 750 orang, sementara kapasitas di sana hingga 100 ribu kursi. Tambahkan lagi, semua sekolah yang libur kasih masuk ke Senayan. Itu pesta besar," beber Pras.

PolitisiPDI-P ini juga berharap Dishub DKI menertibkan angkutan umum di Jakarta. Salah satunya adalah terminal bayangan di Dukuh Atas, yang menurutnya perlu ditertibkan.

"Memang, kalau saya lihat sudah mulai membaik, tapi tetap harus disempurnakan lagi. Contohnya ada terminal bayangan di Dukuh Atas yang harus segera ditertibkan," Pras mengingatkan.

Terakhir, Pras juga meminta Pemprov DKI Jakarta mulai memperbanyak destinasi wisata di Ibukota. Salah satunya bisa dilakukan dengan penataan wilayah secara komprehensif. (Alf)

tag: #dprd-dki  #prasetyoedi  #asian-games-2018  #pemprov-dki  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...