Eks Jubir Gusdur: PT 20 Persen Akan Lahirkan Pemimpin Tanpa Kepala
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 11 Jul 2018 - 14:04:47 WIB

Bagikan Berita ini :

84Kabinet-Kerja-Berkembang-Jadi-Kabinet-Oplosan.jpg.jpg
Sumber foto : Ist
Adhie Massardi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Juru Bicara Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie Massardi angkat bicara soal kontroversi Presidential Treshold (PT) 20 persen yang ditetapkan untuk pencalonan Presiden di Pilpres 2019.

Adhie begitu ia disapa, mengaku, ragu ada parpol yang mau mengusung pemimpin tanpa bayaran dengan proses PT sebesar itu. 

Menurut dia, diperlukan modal besar untuk melengkapi syarat tersebut.

“Dengan adanya persyaratan ambang batas perolehan kursi, uang yang diperlukan untuk menggenapi treshold tentu saja akan menjadi berlipat-lipat ganda,” kata Adhi, Rabu (11/7/2018).

Kondisi tersebut, lanjut Adhi, hanya akan melahirkan pemimpin tanpa kepala dan pemimpin “dasamuka” yang rela memberikan seluruh jiwa raganya kepada cukong atau bandar politik.

“Meskipun sudah menemukan sosok pemimpin yang sesuai kriteria  yang dirumuskan sebelum muncul, dalam realitas politik yang nyata harus melalui proses yang rumit, mahal dan menjijikkan,” Adhi mengingkatkan. (Alf)

tag: #pilpres-2019  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING