Faisal Basri Tuding Proyek Infrastruktur Picu Pelemahan Rupiah
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 11 Jul 2018 - 17:04:11 WIB

Bagikan Berita ini :

26FaisalBasri2.jpg
Sumber foto : ist
Ekonom senior Faisal Basri

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ekonom senior Faisal Basri memproyeksi pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat bakal terjadi hingga akhir tahun. Selain faktor eksternal pelemahan rupiah juga didorong ambisi pemerintah dalam menggenjot pembangunan infrastruktur.

"Sumber utama Rupiah rusak adalah pemerintah yang terlalu ambisius, yang melampaui dari kemampuannya sendiri," ujar Faisal di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Disebut melampaui kemampuan sendiri, menurut Faisal, karena pemerintah jor-joran membangun infrastruktur.

“Padahal, pembangunan proyek infrastruktur mendongkrak kenaikan impor bahan baku dan barang modal yang belum bisa diproduksi di dalam negeri,” ungkapnya.

Faisal menyontohkan, proyek pembangunan jalur bawah tanah MRT, dimana Indonesia masih harus mengimpor mesin bor dari Jepang.

"Bahkan, tenaga kerja yang menjalankannya (bor) masih harus diimpor. Kalau tidak salah dari Thailand," terang Faisal.(plt)

tag: #rupiah  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING
Pembaca Teropong Senayan, Yth Perhelatan Pilkada Serentak 2018 sudah usai. Hasil hitung cepat (quick count) lembaga survei telah terpublikasi secara masif. Dari publikasi ini, para pemilih pun mengerti menang atau kalahkah kandidat yang mereka pilih. Pada saat bersamaan, para kandidat capres/cawapres dan partai pendukung ditengarai juga mulai mengatur strategi menyikapi hasil pilkada. Tentu, strategi ini hendak menempatkan hasil pilkada sebagai acuan meraih kemenangan pada Pilpres 2019. Menurut Anda, siapa capres yang diuntungkan oleh hasil Pilkada 2018 :
  • Joko Widodo
  • Prabowo Subianto
  • Calon Alternatif Poros Ketiga
LIHAT HASIL POLING