Berita
Oleh M Anwar pada hari Minggu, 15 Jul 2018 - 07:02:15 WIB
Bagikan Berita ini :

Sosialisasi Empat Pilar Lewat Pagelaran Wayang Orang, MPR Libatkan Mahasiswa

93Empat-Pilar-Wayang.jpg.jpg
Sosialisasi Empat Pilar lewat Pagelaran seni budaya Wayang Orang Mahasiswa dengan lakon “Sumpah Setyaki” yang mengisahkan perjuangan Setyaki sebagai ksatria pembela negara yang rela berkorban dan berjuang untuk nusa dan bangsanya, dan acara yang diadakan di Gedung Ki Narto Sabdho Komplek Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, Jawa Tengah ini terselenggara atas  kerjasama MPR dengan WO Ngesti Pandowo dan Mahasiswa Semarang, Sabtu malam (14/7/2018) (Sumber foto : Humas MPR RI)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Langkah strategis telah dilakukan MPR RI adalah dengan mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) dengan sebuah kegiatan yang menugaskan Pimpinan MPR untuk menyosialisasikannya kepada seluruh masyarakat dengan berbagai metode yang tepat sesuai dengan sasaran, seperti pagelaran seni budaya asli bangsa Indonesia.

Dengan pagelaran seni budaya ini, menurut Ketua Badan Pengkajian MPR Bambang Sadono, MPR telah melakukan dua hal yaitu mengadakan pagelaran seni budaya menjadi bagian dari sosialisasi Empat Pilar MPR RI dan mendukung pelestarian seni budaya di seluruh tanah air, maka MPR ikut melestarikan dan menjaga kebudayaan luhur agar para generasi muda Indonesia dapat lebih mencintai budayanya sendiri,"

Pernyataan itu disampaikan Bambang Sadono saat menyampaikan sambutan pada acara Sosialisasi Empat Pilar lewat Pagelaran seni budaya Wayang Orang Mahasiswa dengan lakon “Sumpah Setyaki” yang mengisahkan perjuangan Setyaki sebagai ksatria pembela negara yang rela berkorban dan berjuang untuk nusa dan bangsanya, dan acara yang diadakan di Gedung Ki Narto Sabdho Komplek Taman Budaya Raden Saleh, Semarang, Jawa Tengah ini terselenggara atas kerjasama MPR dengan WO Ngesti Pandowo dan Mahasiswa Semarang, Sabtu malam (14/7/2018).

Selain Bambang Sadono, pagelaran wayang orang ini juga dihadiri oleh Siti Fauziah (Kepala Biro Humas Setjen. MPR RI), Pengurus Bakti Praja Jawa Tengah, Paguyuban Wartawan Senior Jateng dan disaksikan oleh ratusan mahasiswa dan masyarakat para undangan yang datang dari berbagai kalangan, yang sangat antusias menyaksikan pertunjukan wayang ini.

Kepala Biro Humas Setjen. MPR RI Siti Fauziah saat menyampaikan sambutannya mengatakan pagelaran wayang orang ini adalah merupakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Dan di daerah lain juga diselenggarakan yang disesuaikan dengan budaya masyarakat setempat.

Salah satu metode sosialisasi yang di laksanakan MPR melalui pagelaran seni budaya yang merupakan media yang tepat dan efektif untuk mendapatkan masukan dari masyarakat serta menyebut pagelaran yang dilaksanakan di Taman Raden Saleh, Semarang ini adalah salah satu metode yang dipakai selain LCC, ToT, Kemah Empat Pilar, oleh MPR untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI..

Disampaikannya, bahwa pagelaran wayang ini bukan hanya sekadar tontonan namun juga berisi panutan-panutan yang harus diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pagelaran malam ini tak hanya menghibur tapi dengan pertunjukan wayang orang ini berharap bisa lebih mendekatkan lagi seni budaya asli Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa kita di mata dunia selama ini pada masyarakat.

tag: #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...