Berita
Oleh Enjang Sofyan pada hari Senin, 16 Jul 2018 - 09:51:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Elektabilitasnya Diungguli Gatot, Prabowo Sebaiknya Jadi King Maker

75Gatot-Nurmantyo-pensiun.jpg.jpg
Jenderal (Purnawirawan) Gatot Nurmantyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Elektabilitas mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang.

Hal itu dikemukakan pengamat politik Airlangga Pribadi. Menurutnya, Prabowo sebaiknya menjadi King Maker dan memberikan tiket Capres kepada Gatot.

“Dalam survei elit ini menunjukkan bahwa publik ingin melihat figur yang lebih muda. Ini artinya kemudian hal yang positif dimana publik ingin melihat bahwa sudah saatnya terjadi arus pergantian generasi,” kata Airlangga di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/7/2018).

Survei dengan menggunakan metode purposive sampling pada 10-15 Juli 2018 itu menghadirkan para responden dari kalangan elit, jurnalis, ormas, NGO dan profesional di kota-kota besar di 6 provinsi.

Menurut Airlangga, regenerasi politik yang demikian mendapatkan tempat yang cukup signifikan di kota besar bahwa elite-elite lama sudah saatnya kemudian istirahat, tidak tampil lagi.

“Ada Pak Gatot yang justru mengimbangi Jokowi dibandingkan Prabowo. Jadi ada kecenderungan Prabowo lebih baik demikian (sebagai King Maker)," tukasnya.

Diketahui, Joko Widodo (Jokowi) berada di posisi puncak tokoh yang dianggap layak menjadi calon presiden periode 2019-2024 versi survei The Initiative Institute bertajuk 'What the Elites Want?'. Dalam survei itu, Jokowi unggul dengan persentase 77,8%.

Temuan baru dalam survei ini adalah melejitnya nama Gatot Nurmantyo yang berada di posisi kedua dengan perolehan 63%. Disusul kemudian Mahfud MD sebesar 62%, Prabowo Subianto 61,5% dan Anies Baswedan dengan 58,7%.

Berikutnya ada nama Sri Mulyani 53,3%, lalau Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang 50%, Chairul Tanjung 46,9%, dan Jusuf Kalla 45,2%.(yn)

tag: #gatot-nurmantyo  #prabowo-subianto  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...