Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Selasa, 17 Jul 2018 - 07:36:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet Harapkan Sistem Baru Permudah Jemaah Haji

9haji.jpg
Ilustrasi Ibadah Haji (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengharapkan penyelenggaraan dan pelayanan ibadah haji tahun ini bisa jauh lebih baik.

Menurutnya, Kementerian Agama (Kemenag) harus memastikan sistem-sistem baru dalam penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik.

"Mendorong Kemenag untuk melakukan pengecekan sistem baru seperti gelang barcode jemaah haji agar dapat berfungsi dengan baik. Pastikan gelang barcode sudah memuat seluruh data dan informasi jemaah haji," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Politisi Golkar ini meminta Kemenag beserta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meningkatkan pengawasan maupun pelayanan keimigrasian. Salah satunya terkait perekaman biometrik terhadap calon jemaah haji.

Bamsoet mengatakan, sistem baru harus memudahkan jemaah calon haji.
"Agar pelaksanaannya tidak menyulitkan terutama bagi calon jemaah yang telah berusia lanjut," tuturnya.

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, hal yang tak kalah penting adalah pelayanan bagi jemaah selaam di Arab Saudi. Tiga komponen penting dalam pelayanan jemaah adalah konsumsi, pemondokan, dan transportasi.

"Terutama bagi jemaah calon haji saat di Arafah. Persoalan kesehatan harus jadi perhatian khusus agar para jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman," jelasnya.

Selain itu, Bamsoet juga mengimbau para jemaah calon haji Indonesia dan para mutawif atau pembimbing tawaf agar selalu mematuhi ketentuan dari Kemenag ataupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"Terutama mengenai rangkaian ibadah haji, maupun jadwal yang sudah ditetapkan," pungkasnya. (plt)

tag: #haji  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement