Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Minggu, 22 Jul 2018 - 18:17:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Fraksi Demokrat Usulkan Revisi UU Tentang Permasyarakatan

26ilustrasi-logo-partai-demokrat_20150420_150607.jpg.jpg
Partai Demokrat (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Erma Suryani Malik mengusulkan agar UU no 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan segera direvisi.

Hal itu diutarakan Erma menanggapi kasus Kepala Lapas Sukamiskin, Bandung, Wahid Husein yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Fraksi Demokrat mendorong pembaharuan menyeluruh dalam sistem pemasyarakatan Indonesia. Hemat kami, UU Nomor 12 tahun 1995 tentang pemasyarakatan sudah waktunya dievaluasi dan diperbaharui," kata Erma saat dihubungi, Minggu (22/7/2018).

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu, persoalan lapas Sukamiskin hanyalah gunung es dari persoalan pemasyarakatan di Indonesia.

"Makanya saya mendorong agar pemerintah melakukan percepatan pembahasan RUU KUHP bersama dengan DPR. karena dalam RUU KUHP yang baru terdapat banyak perbaikan sistem pemudaan dan mekanisme hukuman yang lebih memperhatikan prinsip restorative justice," ujarnya.

Selain itu juga, tambah dia, saat ini banyak Lapas yang kapasitasnya melebihi sehingga akan menjadi bom waktu.

Untuk itu, Erma meminta agar Kemenkumham khususnya Dirjen Lapas segera melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Lapas di seluruh Indonesia.

"Tiap kali raker dan kunjungan kerja di Lapas. Komisi 3 menemukan lapas yang over kapasitas, bahkan sampai 400 %. Satu sel ukuran 5x3 meter diisi 32 orang narapidana yang sungguh tidak manusiawi. Sungguh tidak layak dibandingkan dengan sel mewah napi," ungkapnya.

"Belum lagi urusan hutang bahan makanan narapidana yang terus menggerus anggaran karena banyaknya narapidana. Anggaran makan satu hari narapidana hanya Rp 15.000," Ermamenambahkan. (Alf)

tag: #partai-demokrat  #komisi-iii  #dpr  #kemenkumham  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...