Berita
Oleh bara ilyasa pada hari Jumat, 27 Jul 2018 - 07:44:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Amien Yakin JK Sudah Tidak Mungkin Jadi Cawapres

88amiendanjk.jpg
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menilai gugatan masa jabatan presiden dan wakil presiden yang diajukan Perindo ke Mahkamah Konstitusi tidak akan mengejar batas waktu pendaftaran Pilpres pada awal Agustus nanti.

"Karena kan uji materi membutuhkan waktu berminggu-minggu yah. Padahal tinggal beberapa hari lagi yah (pendaftaran Pilpres)," kata Amien Rais di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Amien meyakini Jusuf Kalla (JK) tidak akan menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam pemilihan umum 2019.

"Ya sudah kadaluarsa, sudah enggak mungkin," kata Amien.

Perindo sebelumnya menggugat pasal 169 huruf n UU 7/2017 tentang pemilu yang mengatur soal pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden.

Pasal tersebut menyatakan, persyaratan menjadi calon Presiden dan Wakil Presiden adalah: (n) belum pernah menjabat sebagai Presiden atau Wakil Presiden selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama.

Dengan demikian, seseorang yang pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden sebanyak dua kali maka tidak boleh diajukan kembali setelahnya.

Namun Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ahmad Rofiq menilai pasal tersebut multi tafsir. Secara spesifik pada soal "dua kali" karena bisa dimaknai secara berturut-turut atau tidak berturut-turut. Oleh karena itu, sedianya perlu diuji di MK agar tidak menimbulkan ketidakpastian hukum. JK dalam perkara ini pun sudah menyatakan menjadi pihak terkait.

Namun, menurut Amien, biasanya MK tidak cepat dalam memutus suatu perkara. Sebab, ada berbagai proses, termasuk persidangan sebelum mengeluarkan putusan.

Sementara waktu pencalonan presiden dan wakil presiden akan berlangsung beberapa hari ke depan, yakni 4 sampai 10 Agustus 2018. Oleh karena itu, menurut Amien, kecil kemungkinan JK akan mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019.

"Kan uji materi membutuhkan waktu berminggu-minggu yah," kata Mantan Ketua MPR tersebut. (plt)

tag: #amien-rais  #jusuf-kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...