Opini
Oleh Ariady Achmad pada hari Rabu, 01 Agu 2018 - 11:11:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Siapa Pantas Dampingi Jokowi-Prabowo?

79ariady.jpg
Kolom bersama Ariady Achmad (Sumber foto : ist)


Panggung politik nasional semakin menghangat. Capres pejawat Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan para ketua umum parpol pendukung. Tak lama lagi, Jokowi pun bakal mengumumkan sosok cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2019.

Di tempat lain, Prabowo Subianto semakin intensif bertemu empat mata dengan ketua umum parpol di luar kubu Jokowi. Di sana ada PKS, PAN, dan Demokrat. Pertemuan kian gencar setelah Ijtima Ulama merekomendasikannya sebagai calon presiden.

Kini, khalayak mulai tak sabar bertanya: siapa figur cawapres yang dipilih oleh Jokowi dan Prabowo?

Dalam analisa saya, ada empat faktor yang menjadi pertimbangan menentukan cawapres. Yakni chemistri, dukungan logistik dan jaringan, dukungan partai politik, serta elektabilitas.

Di kubu Jokowi terdapat satu-dua nama yang memenuhi keempat faktor tersebut. Dari satu-dua nama itu, tampaknya Mahfud MD yang paling tinggi skornya. Terlebih, Mahfud memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memudahkan tugas Jokowi sebagai presiden jika terpilih kembali pada Pilpres 2019.

Pengalaman Mahfud di tiga bidang (legislatif,eksekutif, dan yudikatif), tentunya menjadi modal berharga bagi kelancaran Jokowi melaksanakan tugas kepresidenan periode kedua. Modal itu pula, yang bakal memperkuat chemistri antara Jokowi dan wakilnya di puncak kepemimpinan nasional.

Lalu bagaimana dengan Prabowo? Sama seperti Jokowi, empat faktor di atas juga bakal menjadi pertimbangan. Merujuk dari situ, muncul nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang digadang-gadang bersanding dengan Prabowo. Hanya saja, AHY terganjal faktor dukungan partai politik. Nama putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini belum sepenuhnya didukung oleh PAN dan PKS.

Mau tidak mau, suka tidak suka , Prabowo meski putar otak agar ada satu nama yang mendapat dukungan dari seluruh partai pendukung. Dugaan saya, Prabowo bakal memasukkan pertimbangan tambahan agar segera mendapatkan cawapres. Apa itu? Tak lain dan tak bukan pertimbangan itu adalah dstribusi kursi kementerian.

Dalam analisa saya, distribusi kursi kementerian menjadi solusi kompromistis dari belum terbangunnya kesamaan pandang antar parpol pendukung tentang cawapres. Terkait hal itu, bukan tidak mungkin kubu Prabowo akan 'menjual' wacana kabinet bayangan ke publik. Wacana itu sekaligus untuk membuktikan bahwa koalisi di belakang Prabowo solid dan siap bekerja jika mendapat kepercayaan rakyat.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #jokowi  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Jalan Itu Tidaklah Sunyi

Oleh Swary Utami Dewi
pada hari Senin, 22 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --"Jika Mamah jadi penguasa apakah Mamah akan menjadikan anak Mamah pejabat saat Mama berkuasa?" Itu pertanyaan anakku malam ini. Aku mendengarkan anakku ini. ...
Opini

Putusan MK dan Kejatuhan Joko Widodo

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Putusan MK dan Kejatuhan Joko Widodo adalah dua hal yang dapat di sebut sebagai sebab dan akibat. Putusan MK dalam gugatan Pilpres, akan menjadi sebab dan penyebab ...