Opini

Membaca Pesan di Balik Gempa Lombok

Oleh Ariady Achmad pada hari Senin, 06 Agu 2018 - 11:46:16 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

63Ariady-Achmad-TS-Nongkrong.jpg.jpg

Ilustrasi (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

Minggu, 5 Agustus 2018, pukul 19.46 WITA, gempa dahsyat mengguncang bumi Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Guncangannya sangat keras, teramat sangat keras. Warga pun panik, takut, dan berhamburan menyelamatkan diri.

Sesaat kemudian, gempa berkekuatan 7,0 Skala Richter itu merontokkan bangunan milik warga. Rumah, perkantoran, fasilitas umum, dan bangunan lainnya seketika rata dengan tanah. Dan yang memilukan, untuk sementara gempa di akhir pekan itu menewaskan 82 orang.

Sampai di sini, sejujurnya saya tak mampu melanjutkan artikel ini. Batin saya terasa loncat dan singgah di antara masyarakat Lombok dan Sumbawa, yang saat ini dibalut duka mendalam. Duka itu pula, yang seketika merasuki dan menguasai hati dan nalar saya. Seperti mereka, saya juga berduka.

Namun, sedalam apapun duka saya, artikel ini harus saya lanjutkan. Harus. Sambil terus memantau perkembangan detik demi detik, saya mencoba membaca pesan di balik gempa mengerikan ini. Mengapa gempa terjadi ketika para elite politik di Jakarta sibuk menggelar pertemuan jelang pendaftaran pilpres? Pesan apa yang hendak disampaikan alam kepada mereka?

Saya yakin, alam tidak pernah bertindak tanpa alasan. Selalu ada pesan di balik gempa bumi, tsunami, tanah longsor, gunung meletus, dan bencana lainnya.

Pada Minggu malam kemarin, alam menyampaikan pesan lewat gempa bumi nan dahsyat. Butuh kepekaan dan kearifan luar biasa guna menangkap pesan tersebut. Pertanyaannya: sudah kah kita memiliki kepekaan dan kearifan itu?

Mari bersatu selamatkan negeri. Semoga.(*)

Disclaimer : Kanal opini adalah media warga. Setiap opini di kanal ini menjadi tanggung jawab penulis. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai aturan pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini dan Redaksi akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang.

tag: #gempa-bumi  

Bagikan Berita ini :