Berita
Oleh M.Anwar pada hari Kamis, 09 Agu 2018 - 15:21:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahfud MD Santri Ideologis Gus Dur

32mahfud3.jpg
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Mantan kuasa hukum Gus Dur, Tohadi, menyatakan, Prof Dr Mahfud MD, merupakan santri ideologis Gus Dur dan pernah menjabat kepengurusan struktural di lingkungan Nahdlatul Ulama.

"Setahu saya, Pak Mahfud MD itu pernah menjadi penasihat GP Anshor dan tercatat secara sah sebagai ketua Dewan Kehormatan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama masa khidmat 2012-2017," kata Tohadi, di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

ISNU merupakan salah satu badan otonom NU bersama, antara lain, Muslimat NU, Fatayat NU, Ansor, Pergununu.

Mantan Sekretaris Lembaga Advokasi Hukum dan HAM DPP PKB itu mengatakan kesetiaan Mahfud kepada Gus Dur juga tidak diragukan.

Saat Gus Dur menjabat ketua Dewan Syura DPP PKB dan berkonflik dengan ketua Dewan Tanfidz DPP PKB, Mathori Abdul Djalil, Mahfud ditunjuk sebagai ketua Tim Hukum Gus Dur untuk menghadapi gugatan Mathori di PN Jakarta Selatan hingga Kasasi di MA.

"Kebetulan saya membantu beliau bersama kantor kukum dari Todung Mulya Lubis. Berkat kepakaran beliau dan tim Bang Mulya, Gus Dur berhasil memenangkan PKB. Silakan, bisa ditanyakan ke Bang Mulya," kata Tohadi.

Pikiran-pikiran Gus Dur, kata Tohadi, juga diterapkan Mahfud. Warna putusan Mahkamah Konstitusi pada saat diketuai Mahfud sangat progresif dan bernarasi keadilan subtansif bagi kepentingan masyarakat. (plt/ant)

tag: #mahfudmd  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...