Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 10 Agu 2018 - 14:47:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Sektor Ekonomi Dianggap Isu Krusial Bagi Capres-Cawapres

10enny-sri.jpg.jpg
Enny Sri Hartati (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menilai, isu-isu ekonomi akan menjadi temakrusial bagi calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2019.

Menurut Enny, kemampuan dan rekam jejak capres dan cawapres di bidang ekonomi memang akan menjadi nilai tambah, namun bukan merupakan hal yang utama.

"Sebenarnya kan yang menjadi problem krusial itu memang ekonomi," katanya saat dihubungidi Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Diakuinya, capres dan cawapres bila kelak terpilih tidak melakukan hal-hal teknis di bidang ekonomi. Namun dengan kemampuan memimpun dan manajerial yang bagus, mereka bisa memilih tim kerja yang handal.

"Jadi bisa memilih menteri yang tepat yang bisa menyelesaikan problem ekonomi," ujar Enny.

Enny menuturkan, persoalan yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat saat ini ialah ekonomi. Tentunya, capres dan cawapres yang punya kemampuan ekonomi akan menjadi lebih menarik, namun ia mengingatkan untuk memimpin negara bukan hanya memerlukan kemampuan ekonomi tapi juga kemampuan lain.

"Yang pasti, presiden dan wakil presiden adalah level tertinggi ya, ini kan bukan manajer korporasi, ini manajer negara. Kemampuan ekonomi itu bonus, kemampuan utamanya adalah kemampuan memimpin dan manajerial," kata Enny.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pen-capres-annya pada Pilpres 2019 pada Kamis (9/8). Jokowi akan didampingi oleh Ma`ruf Amin sebaga calon wakil presiden.

Jokowi sendiri diusung oleh sembilan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar, Hanura, PPP, PKB, PKPI, Perindo, dan PSI.

Sementara itu, Prabowo Subianto pada Kamis malam juga mendeklrasikan dirinya sebagai calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang didampingi oleh Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden. Prabowo-Sandi diusung oleh Gerindra, PKS, PAN, dan Demokrat.

Dari keempat sosok tersebut, Sandiaga Uno merupakan sosok yang tidak asing di dunia perekonomian. Pria yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta itu adalah pengusaha sukses yang malang melintang di dunia bisnis Tanah Air.

Selain sukses dengan bisnisnya, ia juga aktif di organisasi seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonsia (HIPMI) dan Kamar Dagang Indonesia.(yn)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...