Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 15 Agu 2018 - 09:35:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Bahaya Angkat Isu Identitas pada Pilpres 2019

5pilpres2019ilustrasi.jpg
ilustrasi (Sumber foto : ist)

MEDAN (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat sosial politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Ansari Yamamah berharap masyarakat dan politikus tidak lagi memainkan isu identitas, terutama masalah agama dalam Pemilu Presiden 2019 karena sangat membahayakan.

"Isu identitas selalu digunakan untuk memunculkan asumsi mengenai perbedaan antara satu dengan yang lainnya," kata Dr. Ansari Yamamah di Medan, Rabu (15/8/2018).

Namun, lanjut dia, dalam Pilpres mendatang, isu identitas sangat tidak layak dipertontonkan lagi karena semua capres dan cawapres beragama Islam.

Jika masih menggunakan isu identitas keagamaan tersebut, dia khawatir akan mengerucut pada isu kelompok dan ormas yang berkaitan dengan keagamaan.

"Itu justru akan memecah belah umat, sangat berbahaya," katanya.

Oleh karena itu, elite politik dan seluruh elemen masyarakat, termasuk nitizen yang aktif di media sosial untuk tidak lagi menggunakan isu identitas tersebut.

Untuk memberikan manfaat lebih besar, menurut dia, sebaiknya masyarakat dan elite politik mengedepankan isu kebangsaan dari kedua pasangan capres/cawapres.

Ia mencontohkan visi, misi, dan program yang ditawarkan dalam masalah perekonomian nasional.

Dengan demikian, rakyat bisa mengetahui program yang ditawarkan, baik dalam menciptakan lapangan kerja bagi anak negeri, mengatasi utang, menarik investasi, mengembangkan aset dan devisa negara, maupun pengembangan ekonomi umat Islam.

Demikian pula dengan berbagai program untuk menjaga harga diri bangsa dan negara bisa berdaulat secara global.

"Isu itu perlu supaya kita bangga menjadi bangsa Indonesia," kata alumnus Leiden University Belanda itu.(plt/ant)

tag: #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...