Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 15 Agu 2018 - 12:24:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Syafruddin: Saya Sudah Dilantik Menjadi Sipil

42sjafruddin.jpg
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformsi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformsi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin menegaskan bahwa dirinya bukanlah anggota Polri aktif lagi setelah dilantik Presiden sebagai menteri dalam Kabinet Indonesia Kerjas sisa masa jabatan 2014-2019.

"Saya sudah menyerahkan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri kepada Kapolri, saya sudah dilantik menjadi sipil," kata Syafruddin di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Syafruddin dilantik pada hari ini di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri dari posisi tersebut. Syafruddin sebelumnya adalah Wakapolri dengan pangkat Komisaris Jenderal (Komjen) Pol.

"Saya tidak mengira, semalam pukul 20.30 WIB saya dipanggil Bapak Presiden ke Istana Bogor, beliau menyampaikan bahwa saya akan dilantik hari ini pukul 10.00 WIB sebagai Menpan-RB," tambah Syafruddin.

Ia pun mempersilakan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk memilih penggantinya.

"(Wakapolri baru) terserah Kapolri, jabatan saya sudah saya serahkan ke Kapolri. Saya sudah tidak terlibat, itu sudah kewenangan Kapolri, kalau saya Wakapolri saya terlibat," ungkap Syafruddin.

Menurut Syafruddin pemilihan wakapolri berdasarkan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) yang saat ini dipegang langsung oleh Kapolri.

"Pak Kapolri belum Wanjakti, kalau sudah selesai Wanjakti baru tanya Pak Kapolri saja. Saya tidak punya kewenangan lagi bicara tentang Wanjakti, tadinya saya Ketua Wanjakti, sekarang karena tugas Wakapolri sudah diserahkan ke Kapolri sehingga tugas wanjakti diambil alih Kapolri," tambah Syfruddin.

Saat dimintai pendapatnya mengenai nama Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Idham Azis yang saat ini menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan dirinya sebagai Wakapolri, Syafruddin enggan menjawabnya secara langsung.

"Banyak bintang 2 bagus, bintang 3 juga, terserah Wanjakti nanti," ungkap Syafruddin.

Syafruddin adalah lulusan AKABRI tahun 1985 pernah menjabat sebagai Ajudan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2004 saat masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhyono-Jusuf Kalla

Pada 2009, ia menjabat sebagai Wakil Kapolda Sumatera Utara, pada 2010 menjadi Kapolda Kalimantan Selatan, selanjutnya menjadi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadivpropam Polri) pada 2012, menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdikpol) pada 2015 hingga diangkat sebagai Wakapolri pada 2016. (plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...