Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 18 Agu 2018 - 15:37:31 WIB
Bagikan Berita ini :

Jelang Opening Ceremony Asian Games 2018, Warga Mulai Padati GBK

4220151017-GBK.jpg.jpg
Stadion Utama Gelora Bung karno (GBK), Jakarta, tempat pembukaan Asian Games 2018. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Jelangpembukaan Asian Games 2018 penonton mulai merapat ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta,Sabtu (18/8/2018) sore.

Warga tampak memadati area GBK untuk menyaksikanOpening ceremonyAsian Games 2018 yang akan digelar pada pukul 19.00 WIB malam ini.

Pantauan di lokasi, saat ini antrean mulai mengular di Gate 5 di Jalan Pintu 1 Senayan. Volunter yang menjaga Gate tampak cukup ketat.

Antrean yang sudah mulai terlihat ini mencerminkan besarnya antusiasme masyarakat dalam menyambut hajatan Indonesia dalam menggelar perhelatan akbar olahraga se-Asia.

Bukan cuma penonton yang masing-masing sudah memegang tiket pembukaan Asian Games 2018, tampak juga para penampil yang tidak memakai ID akreditasi juga tertahan di Gate 5.

Mereka harus menunggu dijemput koordinatornya masing-masing untuk bisa masuk ke dalam. Sementaradi Gate 6 masih terpantau sepi. Begitu juga di Gate 1 dan 7.

Penonton Akan Disuguhi Aksi Spektakuler

Diketahui, acaraOpening ceremonyAsian Games akan menampilkanaksi panggung yang spektakuler berrnuansa Indonesia.

Asian Games Jakarta Palembang, yang diikuti 11 ribu atlet dari 45 negara, akan dibuka secara resmi malam ini, di GBK, Sabtu (18/8/2018).

Sebuah sajian kolosal dengan nuansa sangat Indonesia akan disajikan dalam pembukaan Asian Games itu.

Penanggung jawab KoreografiOpening CeremonyAsian Games 2018, Denny Malik, menyebut pementasan itu didukung oleh 4 ribu penari.

"Kami sudah melakukan persiapan sejak Februari. Persiapan meliputi pencarian penari dari sekolah-sekolah DKI Jakarta dan melakukan penyeleksian selama satu bulan," kata Denny,Jumat (17/8/2018).

Sebanyak 4 ribu penari itu berasal dari 18 Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta. Dari jumlah itu, 2.200 di antaranya ditangani Denny, sedangkan 1.800 lainnya dibesut koreografer Eko Supriyanto. Untuk memoles sisa-siswi SMA itu, Denny melibatkan 50.

Panitia penyelenggara (INASGOC) akan memberikan kejutan kepada tamu dari perwakilan 45 negara, atlet dan pelatih, serta penonton yang sudah membeli tiket seharga Rp 750 ribu hingga Rp 5 juta.

"Konsep tarian yang kami tawarkan mengusung tema Indonesia is Jamrud Khatulistiwa atau The Glory of Indonesia. Karena itu, tampilan tarian yang diberikan pun dari sejak mulai acara nanti adalah tema-tema alam di Indonesia," Denny menjelaskan.

Selain itu, Denny menuturkan, Opening Ceremonyitu menggambarkan Indonesia yang sangat beragam tapi bisa berdampingan.

Denny mencontohkan salah satu adegan dengan ucapan salam menggunakan bahasa assalamualaikum yang dipadu dengan tarian Saman dari Acehsebagai salam untuk undangan dan kontingen negara.

Kemudian dilanjutkan dengan tarian yang menyuguhkan perjalanan Indonesia dari abad ke-7, era Sriwijaya, Majapahit, kemudian Gajah Mada dengan Sumpah Palapanya.

Tarian itu juga akan dimasukkan unsur Indonesia yang merupakan negara tropis, maritim, dan negara yang memiliki banyak pegunungan.

Untuk bagian akhir, pementasan bakal memnyuguhkan tontonan teknologi terkini dengan berbagai efek panggung seperti permainan cahaya dan memberi gambaran cosmopolitan.

"Jadi mewakili semuanya lah," ujarnya.

Denny berharapOpening CeremonyAsian Games 2018 akan menjadi yang termegah di Asia.

Dia menyebut sajian yang ditampilkan setara dengan pembukaan Olimpiade yang pernah ada.

"Kami punya konten yang tidak sama dengan konten dengan negara lain. Jadi bisa diklaim konsep pembukaan akan menjadi yang terbaik di dunia. Karena kalau lihat tarian modern, semua tarian modern, tapi kita punya kecak, gandrung, saman, reog, melayu, dayak, dengan puluhan suku yang ada di Indonesia. Dan, seluruh tarian itu bisa tereksplorasi dengan baik di level internasional," dia menambahkan.(Alf)

tag: #asian-games-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...