Berita
Oleh Enjang Sofyan pada hari Senin, 20 Agu 2018 - 14:32:03 WIB
Bagikan Berita ini :

FITRA: Pemerintah Harus Mengerem Utang

89Utang-ilustrasi-TS2.jpeg.jpeg
Ilustrasi (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Deputi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Misbah Hasan menyatakan, pemerintah perlu menyikapi serius soal utang yang menumpuk.

"Kami (FITRA) menyarankan pemerintah mengerem utang, karena beban utang dari periode sebelumnya itu sudah sangat tinggi," kata Misbah kepada TeropongSenayan, Jakarta, Senin (20/8/2018).

"Kalau ditambah dengan utang baru yang dilakukan oleh pemerintah sekarang, saya yakin itu postur anggaran akan makin berat," sambungnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, utang Indonesia yang jatuh tempo pada 2019 nanti akan membebani postur anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Untuk belanja bunga utang saja, tutur Misbah, sudah 17 persen dari total belanja atau Rp 275,4 triliun.

"Karena bunga atau pokok utang tidak dinikmati langsung oleh masyarakat. Artinya uang itu bukan dibelanjakan untuk belanja program. Saya pikir dengan tingginya utang lama dan utang baru itu, saat ini sudah perlu direm," ujarnya.

Misbah menegaskan, pemerintah boleh optimis dalam menghadapi utang tersebut, namun perlu juga mengantisipasi kondisi global dan kondisi dinamika politik ke depan. Karena sering kali investor atau pelaku ekonomi mengerem investasinya ketika menjelang tahun politik.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengakui bahwa 2019 nanti pemerintah menghadapi tantangan cukup berat, terutama dalam mengelola anggaran karena jatuh tempo utang.

"Tahun depan yang agak berat karena banyak utang masa lalu yang jatuh tempo cukup tinggi pada 2019. Jatuh tempo tahun depan Rp 409 triliun," ujar Sri Mulyani saat konferensi pers RAPBN 2019, di Media Center Asian Games 2018 Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.(yn)

tag: #utang-pemerintah  #ekonomi-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement