Berita
Oleh Sahlan pada hari Rabu, 29 Agu 2018 - 11:50:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Maju Nyapres, Ma'ruf Amin Nonaktif Sebagai Ketum MUI

45maruf-amin-1.jpg.jpg
KH Maruf Amin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--KH Ma'ruf Amin memilih nonaktif sebagai ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) lantaran maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo.

"Sejak ditetapkan sebagai Cawapres oleh KPU, beliau sudah berketetapan non aktif dari Ketua Umum. Sikap itu ditegaskan lagi oleh Kiai, tadi," ungkap Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (29/8/2018).

Menurut Sa'adi, keputusan tersebut semata-mata didasari pertimbangan agar posisinya sebagi calon wakil presiden tidak menimbulkan pro kontra di masyarakat, termasuk di internal MUI.

"Beliau ingin fokus mengerjakan amanat karena dipercaya sebagai Cawapres Jokowi, sebagaimana fokusnya beliau mengabdi di MUI selama ini," tambahnya.

Menanggapi keputusan Ma'ruf tersebut, Sekjen MUI Anwar Abbas mengapresiasi langkah yang diambil alumni Pesantren Tebu Ireng itu.

"Sebenarnya tidak ada aturan organisasi yg mengharuskan beliau nonaktif selama masa pencalonan. Namun dengan kearifannya, beliau melakukan itu," puji Buya Anwar, sapaan akrabnya.

Ditegaskannya, langkah yang ditempuh Ma'ruf itu diharapkan bisa menjadi teladan baik bagi seluruh jajaran pengurus MUI di berbagai tingkatan. Terlebih lagi posisi MUI yang selama ini selalu jadi rujukan umat.

"Keteladanan itu menjadi penting, tidak hanya melihat aturan tertulis, tapi juga fatson politiknya," pungkasnya.(yn)

tag: #maruf-amin  #mui  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...