Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 01 Sep 2018 - 09:19:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Gula Rafinasi Bocor, Bamsoet Minta Polisi Selidiki

45ilustrasigula.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua DPR Bambang Soesatyo minta Satuan Tugas Pangan Polri segera mengusut dugaan kebocoran gula rafinasi yang mestinya untuk industri ke pasar konsumsi.

"Satgas Pangan Polri agar segera menyelidiki adanya gula rafinasi yang beredar di pasar tradisional, karena gula rafinasi digunakan oleh industri," kata Bambang Soesatyo dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (1/9/2018).

Politikus yang akrab disapa Bamsoet itu mengutip Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 117 tahun 2015 tentang Ketentuan Impor Gula yang mengatur bahwa gula rafinasi tidak boleh diperdagangkan ke pasar.

Ia mengatakan Kementerian Perdagagan harus menindak tegas produsen gula pemegang izin impor gula rafinasi dan perusahaan distribusi yang menjual gula rafinasi ke pasar konsumsi karena praktik curang itu membuat harga gula lokal anjlok dan merugikan petani.

"Pimpinan DPR meminta Kemendag dan Satgas Pangan segera meningkatkan pengawasan agar kasus beredarnya gula rafinasi di pasar tidak terjadi lagi," kata Bamsoet, mantan Ketua Komisi Hukum DPR.

Bamsoet juga meminta Kementerian Perdagangan meninjau kembali pemberian izin impor gula mentah sebanyak 111 ribu ton yang diperkirakan masuk pada September 2018.

"Sebaiknya rencana impor gula itu dikaji ulang dengan memperhatikan stok yang ada saat ini dan pasokan dari petani dalam negeri,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu juga menegaskan pemerintah seharusnya memperhatikan petani tebu, dan mengupayakan pembelian gula dari hasil panen tebu petani dalam negeri.

Ia mendesak pemerintah memberdayakan Perum Bulog untuk menyerap gula produksi pabrik gula domestik dengan bahan baku tebu dari petani dalam negeri.

Sebelumnya organisasi Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) menemukan gula rafinasi yang harusnya untuk industri ternyata dijual ke pasar untuk konsumsi rumah tangga di berbagai daerah. (plt/ant)

tag: #bamsoet  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...