Jakarta
Oleh M Anwar pada hari Rabu, 05 Sep 2018 - 07:04:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies: Bangun Jakarta Bukan Lagi Seperti Jejaring Laba-laba

53anies-banjir.jpg.jpg
Anies Baswedan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pentingnya berkolaborasi dengan masyarakat untuk membangun Jakarta, apabila menghadapi persoalan haruslah dicari solusinya secara bersama-sama.

"Bukan lagi seperti jejaring laba-laba semua keputusan ada di kantor gubernur. Sekarang ini yang penting visi disampaikan, dapat dipahami, maka semua dapat mengerjakan," kata Anies sebagai pembicara dalam seminar bertemakan "Who Build Cities" di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Dalam seminar yang diselenggarakan Universitas Pelita Harapan, Intitut Teknologi Bandung, dan Universitas Indonesia, Anies mengatakan, konsep pembangunan kota saat ini menempatkan Pemprov DKI Jakarta sebagai kolaborator sedangkan masyarakat sebagai kreator.

"Sudah saatnya pendekatan pembangunan kota berubah kalau sebelumnya kita mengenal pemerintah sebagai administrator dan warga sebagai penghuni, atau pemerintah sebagai penyedia jasa dan warga sebagai konsumen, atau bahkan pemerintah sebagai fasilitator dan warga sebagai partisipan," jelas Anies.

Menurut Anies, pendekatannya bukan lagi penegakan hukum tetapi lebih bersifat sosial ekonomi sebagai contoh untuk mewujudkan "sister kampung" maka pembangunannya harus bersama-sama melibatkan masyarakat.

"Bukan pemerintah saja, tetapi pemerintah bersama warga. Ini suatu gerakan, RI dibangun dari kolaborasi bukan dari administrator," ungkap Anies.

Anies menjelaskan untuk menyelesaikan permasalahan perkotaan maka yang dibutuhkan identifikasi permasalahannya terlebih dahulu setelah itu barulah dicarikan solusi dan diselesaikan bersama-sama.

"Saat ini saya tengah berusaha mengubah cara pikir birokrasi di lingkungan Pemprov. DKI Jakarta yang semula konsepnya administrator akan ditingkatkan menjadi kolaborator," ujar Anies

Dia mencontohkan kebijakan penataan air yang programnya disusun dengan melibatkan masyarakat tidak hanya dari pemerintahan saja, kemudian pembenahan 16 kampung yang pembangunannya juga dilakukan secara bersama-sama.

"Terdapat empat unsur yang terlibat dalam kolaborasi yakni pemerintah, warga, ahli, dan fasilitator," ujar Anies.

Anies mengatakan masalah terbesar Provinsi DKI Jakarta saat ini adalah tingginya biaya hidup, terbatasnya lapangan pekerjaan, serta tingginya biaya pendidikan dan kesehatan yang semua itu harus dicarikan solusinya untuk menciptakan kota yang bahagia.

"Permasalahannya adalah kesetaraan, semua warga harus diberikan kesempatan yang sama dibidang ekonomi. Kalau dulu kita juga diberi kesempatan untuk memulai dari bawah, maka seharusnya kesempatan yang sama juga diberikan kepada warga DKI lainnya," jelas Anies.

Anies juga menyampaikan sebagai kota besar maka DKI Jakarta juga harus menyediakan fasilitas agar setiap orang dapat berinteraksi. Chairman Lippo Group, Mochtar Riady yang juga tampil sebagai pembicara dalam seminar tersebut mengatakan, awal mendapatkan tanah di Cikarang Kabupaten Bekasi dan Karawaci Kabupaten Tangerang berasal dari kredit macet akibat resesi ekonomi 1991.

"Dulu lahan di Cikarang dan Karawaci masih berupa hutan dan rawa, namun kedua lokasi tersebut kini sudah menjadi kota mandiri. Keberhasilan ini bukan karena sekadar membangun rumah tetapi juga fasilitas bagi penghuninya," jelas Mochtar.

Mochtar mengatakan, untuk membangun kota maka selain hunian juga harus dilengkapi dengan fasilitas pendidikan, rumah sakit, pusat belanja, tempat berusaha agar penghuni di dalamnya merasa betah.(yn/ant)

tag: #anies-baswedan  #dki-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...