Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 05 Sep 2018 - 09:56:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Dolar Meroket, DPR: Sangat Mengkhawatirkan

5ihsg-makin-ambruk-rupiah-sesi-i-dekati-level-rp13-600-usd-Ejl.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengaku khawatir terhadap kondisi ekonomi Indonesia pasca nilai tukar rupiah terjun bebas menyentuh angka Rp 15 ribu/U$.

Agus pun mendesak pemerintah serius menangani situasi ini, dengan mengatur strategi yang matang dan tidak bersifat sesaat.

"Ini perlu perhatian kita semua, terutama pemerintah. Dalam hal ini, Kementerian yang berada di luar maupun sektor itu harus betul-betul peduli karena masalah kurs mata uang asing terhadap rupiah ini sudah sangat mengkhawatirkan," kata Agus di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Politisi Demokrat ini menyebut, ada dua faktor yang menyebabkan rupiah jeblok. Yaitu, faktor internal dan eksternal.

Agus menyebut faktor eksternal adalah karena dampak dari kebijakan pemerintah AS. "Tapi intern-nya kita memang banyak membutuhkan dolar," ucapnya.

Karenanya, Agus meminta pemerintah untuk mengurangi penggunaan dolar sebagai alat pembayaran. Salah satunya, menurut Agus, dengan mengurangi impor.

Diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terus merosot. Hal ini terjadi karena tingginya permintaan dolar AS untuk kebutuhan impor dan yang paling tinggi dan menyebabkan defisit adalah impor migas. (Alf)

tag: #dpr  #partai-demokrat  #dolar  #rupiah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement