Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 10 Sep 2018 - 09:45:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi II Dorong Kemendagri Tuntaskan Soal KTP-el

47Nihayatul-Wafiroh.jpeg.jpeg
Nihayatul Wafiroh (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi II DPR Nihayatul Wafiroh mengatakan, jelang Pemilu 2019 mendatang, pihaknya mendorong Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyelesaikan persoalan Kartu Tanda Pendudukelektronik (KTP-el) hingga bulan November 2018.

"Kalau bulan November tidak tercapai, maka akan kita adakan evaluasi terkait hal itu," kata Nini di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Ia menambahkan, untuk di Pilkada serentak lalu, masyarakat masih bisa menggunakan Surat Keterangan (suket), namun pada Pemilu 2019 nanti, semuanya harus menggunakan KTP-el.

Padahal masih ada ratusan ribu masyarakat yang belum mendapatkan KTP-el.

Legislator fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap, bila masalah tersebut tidak segera dipenuhi sesuai target, pemerintah harus mencari jalan lain dan mencari solusi lain agar hak masyarakat tidak terhapus hanya karena tidak memiliki KTP-el.

"Ini menjadi acuan kita untuk melihat bagaimana kinerja Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Makanya nanti di bulan Oktober atau November kita mengagendakan untuk diskusi serius tentang KTP-el ini dan kaitanya dengan Pemilu," tuturnya.

Bangsa Indonesia saat ini menjalankan sistem baru dalam pemilu kali ini, yang dimulai pada Pilkada lalu, dimana seluruh data Pemilu harus berdasarkan KTP-el.

Menurut politisi dapil Jawa Timur ini sistem seperti ini sangat bagus karena adanya satu kesatuan data di seluruh Indonesia.

"Memang kita itu masih building sistemnya, dalam artian kita sedang membangun sistem ini agar bagus. Sehingga kalau di sana-sini ada kesalahan itu masih di harus dimaklumi," pungkasnya.(yn)

tag: #ektp  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...