Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Senin, 17 Sep 2018 - 14:36:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Fadli Zon Dukung Perpanjangan Waktu Perbaikan DPT

1Fadli-Zon-Amel.jpeg.jpeg
Fadli Zon memberikan keterangan di hadapan para awak media di Kompleks Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (17/9/2018) (Sumber foto : Amelinda Zaneta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendukung lankah KPU memperpanjang waktu perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) maksimal 60 hari.

“Saya kira memang harus diperpanjang karena masalah DPT ini masalah paling krusial dalam Pemilu yang akan datang,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/9/2018).

Fadli berharap, KPU dapat segera menuntaskan permasalahan tersebut. Alasannya, ujar dia, DPT bisa menjadi salah satu pintu masuk kecurangan dalam Pemilu.

“Kita tidak ingin Pemilihan legislatif dan Pilpres dinodai persoalan-persoalan yang mendasar yaitu DPT,” tuturnya.

Diketahui, pada 5 September 2018, KPU telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 dengan jumlah 187.781.884 pemilih yang terdaftar.

Kemudian, dilakukan pencermatan ulang setelah sejumlah pihak mengklaim menemukan data ganda pemilih pada DPT tersebut.

Setelah diperbaiki, jumlah pemilih berkurang menjadi 187.109.973 orang.

Namun demikian, masih ditemukan berbagai kendala lainnya. Tak hanya seputar data ganda, terdapat masalah seperti pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el, nama pemilih yang sebelumnya sudah ada di Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) tetapi tidak masuk di DPT, serta kendala teknis lambannya Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).(yn)

tag: #kpu  #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...