Berita
Oleh Amelinda Zaneta pada hari Rabu, 19 Sep 2018 - 13:45:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Tutupi Defisit BPJS, DPR Setuju Cukai Rokok Dinaikkan

70rokok1.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengalami defisit hingga Rp 10 triliun. Ketua DPR Bambang Soesatyo setuju cukai rokok dinaikkan guna menutupi defisit BPJS.

“Itu domain pemerintah dan Kementerian Keuangan. Artinya sah-sah saja,” ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (19/9/2018).

Selain untuk menutupi defisit BPJS Kesehatan, kata Bamsoet, langkah menaikkan cukai rokok juga salah satu upaya menyelamatkan generasi penerus bangsa dan untuk menambah kas negara.

“Menurut saya memang semangat kita adalah mengurangi pengaruh rokok terhadap anak-anak kita,” paparnya.

Selain itu, ia menilai kenaikan tersebut masih dalam tahap wajar jika dibandingkan negara lain.

“Dengan menaikkan ini akan terjadi penurunan maka konsekuensinya adalah volume cukainya akan berkurang jadi ya pasti ada impact-nya, ini sudah diperhitungkan oleh Menteri Keuangan. Biar saja Menteri Keuangan yang mengkalkulasi untung-ruginya daripada kebijakan kenaikan cukai rokok,” tutup Bamsoet.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, bailout BPJS Kesehatan akan dilakukan. Salah satu caranya dengan menggunakan cukai rokok.

"Sudah saya keluarkan. Pertama, amanat Undang-Undang bahwa 50% cukai rokok itu digunakan untuk pelayanan kesehatan," ujar Jokowi di Istana Negara, Rabu (19/9/2018).

"Yang namanya layanan kesehatan harus dilakukan sebaik-baiknya sehingga defisit itu sebagian ditutup dari cukai rokok,."

Pemerintah sebelumnya sudah sepakat untuk menyuntikkan dana sebesar Rp 5 triliun untuk menutupi defisit BPJS Kesehatan. Dalam hitungan JSN defisit BPJS Kesehatan bisa hingga Rp 10 triliun.(yn)

tag: #bpjs-kesehatan  #bamsoet  #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...