Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 22 Sep 2018 - 11:38:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Dewan Adat Tagih Janji Kapolri Soal Kapolda Papua Barat

40Tito-alus.jpg.jpg
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay, Papua Barat, Mananwir Paul Finsen Mayor menagih janji Kapolri Tito Karnavian perihal figur yang akan menjadi kapolda di sana.

Pada 29 Januari 2018 lalu, Tito sempat berjanji bahwa setelah Polda Papua Barat diresmikan, figur yang akan menjadi kapolda adalah putra daerah.

Menurut Mananwir, sampai saat ini belum ada tanda Tito bakal merealisasikan janji itu.

"Karena janji sudah diucapkan langsung oleh Kapolri, masyarakat Papua Barat menagih janji tersebut. Bahkan, sampai ada demo-demo ke kantor Provinsi Papua Barat," kata Mananwir di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/9/2018).

Dia menambahkan, mulai Maret lalu sudah ada demonstrasi yang dilakukan masyarakat adat, organisasi pemuda, organisasi perempuan, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

"Mereka mendesak ketua DPRD Provinsi Papua Barat untuk menyurati Kapolri terkait kapolda dari putra Papua," imbuh Mananwir.

Dia menuturkan, semua lembaga adat sudah mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan ke Tito.

Di antaranya, Dewan Perwakilan Papua Barat, Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB), Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), Lembaga Penelitian Pengkajian dan pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH), dan Dewan Adat Papua (DAP).

"Ini adalah lembaga-lembaga yang sangat disegani dan dihormati oleh rakyat Papua. Oleh sebab itu, kami meminta Kapolri segera merealisasikan janjinya, yaitu kapolda Papua Barat asli Papua segera direalisasikan," ujar Mananwir.

Menurut Mananwir, resistensi masyarakat Papua Barat terhadap pemerintahan Joko Widodo akan muncul apabila Tito tida segera menepati janjinya.

"Masyarakat Papua sekarang ini, kan, lagi simpati banget dengan Jokowi. Jangan sampai muncul kekecewaan pada Jokowi," kata Mananwir.(yn)

tag: #kapolri-jenderal-pol-tito-karnavian  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...