Berita
Oleh M Anwar pada hari Selasa, 02 Okt 2018 - 18:30:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini 8 Hoaks Pasca Tsunami Palu Versi Kemenkominfo

35Hoax1.jpg.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pasca gempa dan tsunami yang melanda Donggala, Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) lalu, muncul informasi bohong alias hoaks terkait bencana tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencatat ada delapan sebaran hoaks yang meresahkan warga.

Pertama, hoaks tentang bendungan Bili-Bili yang berada di Kabupaten Gowa. Dikabarkan bahwa bendungan tersebut mengalami keretakan, namun setelah dicek oleh pihak setempat, bendungan berada dalam kondisi aman.

"Faktanya bendungan Bili-bili masih dalam keadaan aman dan terkendali setelah dilakukan pengecekan oleh pihak Polsek Mamuju Gowa," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/10/2018).

Kedua, hoaks tentang korban foto musibah yang menyebar seakan terjadi di Sulteng, namun pada faktanya foto itu adalah kejadian gempa tsunami Aceh 26 Desember 2004, yang disebarluaskan kembali sebagai dokumentasi korban gempa tsunami Palu.

Ketiga, hoaks kabar Wali Kota Palu meninggal dunia, padahal sesungguhnya Wali Kota Palu Hidayat sehat bahkan turut melakukan tanggap darurat gempa bumi di Palu, Sulawesi Tengah.

“Selanjutnya, adalah kabar tentang gempa bumi susulan, faktanya tidak ada satupun negara di dunia dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti, konfirmasi dari Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Humas BNPB)," tuturnya.

Kemenkominfo juga menyebut bahwa foto gerak cepat relawan Front Pembela Islam (FPI) saat mengevakuasi korban gempa Palu adalah hoax.

Ferdi menjelaskan, foto yang tersebar itu merupakan foto saat relawan FPI membantu korban longsor di Desa Tegal Panjang, Sukabumi.

Keenam, hoaks foto mayat yang meminta gempa, yang sebenarnya foto terkait diambil dari kejadian di Sungai Siak Pekanbaru, Riau.

Ferdi juga menyebut bahwa prediksi gempa bumi kembali di Sulteng yang akan terjadi pada 2 Oktober adalah hoax.

“Sebab, faktanya tidak ada satupun negara di dunia dan iptek yang mampu memprediksi gempa secara pasti, konfirmasi dari Sutopo Purwo Nugroho (Kepala Humas BNPB)," tuturnya.

Sementara kabar bohong yang terakhir adalah tentang penerbangan gratis dari Makasar menuju Palu bagi keluarga korban. Padahal sesungguhnya adalah penerbangan yang menggunakan Pesawat Hercules TNI AU menuju ke Palu tersebut diutamakan membawa bantuan logistik, paramedis, obat-obatan, makanan siap saji, dan alat berat.

”Kementerian Kominfo mengimbau agar seluruh masyarakat tidak mudah mempercayai dan menyebarluaskan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya atau tidak jelas sumbernya," tandasnya.

Jika ada informasi yang diduga mengandung hoax, masyarakat dapat melaporkannya melalui laman aduankonten.id, email aduankonten@kominfo.go.id atau mention ke akun Twitter @aduankonten.(yn/ant)

tag: #gempa-bumi  #hoax  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...