Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 18 Okt 2018 - 07:19:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Sebanyak 95 Masjid Rusak Akibat Bencana Sulteng

92gempa-palu.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

PALU (TEROPONGSENAYAN)--Dewan Masjid Indonesia Kota Palu mencatat, sementara terdata 95 masjid yang rusak akibat gempa bumi, tsunami dan likuifaksi yang melanda Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018).

"Terima kasih bagi ustadz dan takmir yang sudah mengirimkan data dan foto masjid yang rusak terdampak gempa, tsunami dan likuifaksi. Data tersebut saat ini diproses di Kementrian Agama untuk mendapatkan perhatian dan bantuan pemerintah," kata Ketua DMI Palu Moh Ikbal Andi Mangga di Palu, Rabu (17/10/2018).

Sampai sekarang, kata Ikbal, DMI bersama Kementerian Agama Palu masih mendata masjid-masjid yang rusak. Salah satu cara yang dipakai yakni mengambil foto bangunan masjid yang rusak.

"Perkiraan DMI jumlah masjid yang rusak sekitar 127 atau 40 persen dari total masjid di Kota Palu," tambah Ikbal.

Anggota DPRD Kota Palu ini menuturkan sebagian masjid yang terdata rusak, terutama rusak parah, berada di wilayah Kecamatan Palu Barat dan Palu Selatan. Masjid-masjid yang rusak itu akan diperbaiki dan dibangun kembali lewat dana bantuan Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Kategori kerusakan meliputi rusak ringan, sedang dan berat. Rusak berat definisinya bahwa masjid tersebut sudah tidak dapat digunakan dan ini yang diprioritaskan untuk dibangun kembali," katanya.

Sementara itu bagi imam dan takmir masjid yang meninggal dunia, DMI belum mendata seluruhnya.

"Minta tolong kalau ada yang mengetahui atau ada informasi tentang imam atau takmir masjid yang meninggal saat gempa dan tsunami, dapat menghubungi untuk didata," ujar Ikbal.

Selain dari Kemenag, bantuan bagi masjid dan imam serta takmir masjid yang meninggal juga akan disalurkan oleh DMI pusat.

Berdasarkan data pada Sistem Informasi Masjid (Simas) Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Jenderal Bimas Islam, Kementerian Agama RI, jumlah masjid di Kota Palu sebanyak 382 masjid.(yn/ant)

tag: #gempa-bumi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...