Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 23 Okt 2018 - 06:22:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Peneliti: Media Harus Jadi Acuan Pemilu

84sitizuhro.jpg
Peneliti senior dari Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Siti Zuhro (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Peneliti senior dari Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Profesor Siti Zuhro mengatakan media arus utama harus menjadi acuan dengan menjaga profesionalitas selama proses Pemilu 2019.

"Bagaimana media menjadi sarana sumber berita tetap dipercaya, akurat dan menjadi acuan," tutur dia Jakarta, Senin (22/10/2018).

Dia berharap tidak terdapat rasa suka atau tidak suka masyarakat pada suatu media karena keterkaitan pemilik media dengan salah satu kubu politik. Sebab, media memiliki tugas menyampaikan informasi.

Untuk menjadi acuan yang dipercaya masyarakat, menurut Siti, diperlukan perjuangan insan pers meluruskan pandangan bahwa media dapat menjadi petunjuk dan acuan yang mencerahkan.

Dia mengingatkan media untuk kembali pada niat awal dibentuknya, yakni keberpihakan menyampaikan informasi dan menyuarakan masyarakat. Secara tataran filosofi, pers Indonesia dinilainya sudah bagus, tetapi secara empiris perlu dipertanyakan.

"Saya sedih, media ini berdiri nawaitunya apa. Kalau kami PNS diajari, di LIPI saya bekerja untuk negara, abdi masyarakat. Kalau pers itu apa?" ucap dia.

Untuk menjalankan peran sistem peringatan dini, kata dia, pers harus profesional, memahami kode etik, berpihak pada keadilan dan tidak bias.

Siti Zuhro menegaskan masyarakat membutuhkan pembelajaran politik sehingga media dengan partai politik harus dapat mencerahkan masyarakat. (plt/ant)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Legislator Golkar Tegaskan Bangsa Indonesia Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

Oleh Fath
pada hari Selasa, 23 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota DPR RI Mukhtarudin mengatakan bahwa Indonesia tetap mendukung kemerdekaan Palestina, sesuai dengan politik luar negeri yang dianut Indonesia. "Posisi ...
Berita

Bacakan Eksepsi, Penasehat Hukum Robby Messa Sebut Dakwaan JPU Kabur Minta Kliennya Dibebaskan

MEDAN (TEROPONGSENAYAN) --Tim penasehat hukum terdakwa Robby Messa Nura, satu dari dua terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 tahun 2020 yang merugikan keuangan ...