Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 31 Okt 2018 - 14:39:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapal Baruna Jaya Tangkap Sinyal Kotak Hitam Lion Air JT-610

54Baruna-JAya-I.jpg.jpg
Kapal Baruna Jaya I (Sumber foto : Istimewa)

KARAWANG (TEROPONGSENAYAN)--Pencarian kotak hitam (black box) Lion Air JT-610 yang jatuh di Perairan Karawang, Jawa Barat tampaknya menuai hasil. Kapal Riset (KR) Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menangkap sinyal kotak hitam tersebut.

KR Baruna Jaya I menerjunkan alat canggih Remote Operated Vehicle (ROV). Alata canggih itu diturunkan karena sinyal black box telah ditemukan.

"Ditemukan indikasi sinyal black box berdasarkan ping locator," kata Kepala Balai Teknologi Survei Kelautan M Ilyas di atas KR Baruna Jaya, Rabu (31/10/2018).

"Dari hasil kita operasi kemarin itu kan ada asumsi bahwa black box itu ada di sekitar sini, daerah operasi kita, karena kita nggak mau ribut kita tenang dulu, kemudian kasih teman teman multi beam dan side scan sonar bahwa ada benda di bawah laut," ujarnya.

Ilyas mengatakan, ada 3 objek yang ditemukan. Objek itu oleh mereka dinamai C30, C31, dan C38. Ada indikasi kuat bahwa ketiga objek ini terkait dengan bodi dan juga black box Lion Air JT 610.

"Benda itu dinamakan oleh teman-teman itu stasiun operasi C30, C31, dan C38. Kita mulai overlay lah, kita buat yakin lagi tadi pagi kita make sure apa ping locator ini menunjukan arah ke C31 dan C30, itu belum yakin juga, kemudian kita turunkan ROV. Jadi ini akan ada operasi triangulasi untuk meyakinkan juga, menjadikan posisinya," ujarnya.

Rabu (31/10/2018) siang KR Baruna Jaya menurunkan ROV. Alat ini berupa kendaraan bawah laut yang dikendalikan dari jarak jauh, untuk menampilkan gambar video secara langsung dari dasar laut. Dengan alat ini, pencarian sebuah objek di dasar laut akan lebih cepat dilakukan.

"Black box belum temukan, tapi benar bahwa ada indikasi adanya black box di sekitar kapal, indikasi ya," ujar Ilyas.(yn)

tag: #lion-air  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...
Berita

KPK Diminta Jelaskan Alasan Periksa Shanty Alda di Kasus Dugaan Korupsi Abdul Gani Kasuba

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo mengatakan Penyidik KPK harus transparan dalam menangani perkara dugaan korupsi yang menyeret Gubernur Maluku Utara nonaktif, Abdul Gani ...