Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 31 Okt 2018 - 15:51:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Buntut Kecelakaan Lion, Boeing 737 Max 8 Milik Garuda Ikut Diperiksa

15boeing737.jpg.jpg
Pesawat Boeing 737 Max 8 milik Lion Air (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kementerian Perhubungan menginstruksikan dua maskapai yakni PT Garuda Indonesia dan PT Lion Mentari Airlines memeriksa secara khusus kelaikudaraan pesawat Boeing 737-8 MAX.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (31/10/2018) mengatakan, hasil pemeriksaan tersebut, nantinya akan diberikan kepada KNKT untuk menjadi tambahan data mengenai insiden jatuhnya Lion Air JT 610.

"Klarifikasi ini akan kami simpulkan dan akan kami sampaikan kepada KNKT dan ini akan menjadi dasar bagi KNKT untuk menetapkan apa penyebab dari kejadian tersebut," ujar Menhub.

Pada surat tertanggal 29 Oktober 2018 tersebut Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (KUPPU) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub meminta kepada Dirut PT Lion Mentari Airlines dan PT Garuda Indonesia untuk melakukan pemeriksaan pesawat jenis tersebut.

Pemeriksaan mencakup indikasi repetitive problem, pelaksanaan troubleshooting, kesesuaian antara prosedur dan implementasi pelaksanaan aspek kelaikudaraan, dan kelengkapan peralatan (equipment) untuk melakukan troubleshooting pada pesawat udara Boeing 737-8 MAX.

Hasil pemeriksaan harus segera dilaporkan kepada Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Ditjen Perhubungan Udara agar dapat dievaluasi.

Pemeriksaan dilakukan untuk menindaklanjuti kejadian jatuhnya pesawat udara Boeing 737-8 MAX registrasi PK LQP yang dioperasikan Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang, pada Senin (29/10).

Kedua maskapai tersebut memiliki dan mengoperasikan pesawat Boeing 737-8 MAX, dimana Lion Air memiliki delapan pesawat dan Garuda Indonesia memiliki satu pesawat dengan jenis tersebut.(plt/ant)

tag: #lion-air  #garuda-indonesia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...