Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 04 Nov 2018 - 09:04:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Sikapi Pilpres, Muhammadiyah Kembali ke Khitah

35haedar2.jpeg.jpeg
Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah Haedar Nashir (Sumber foto : ist)

PURWOKERTO (TEROPONGSENAYAN)--Warga Muhammadiyah dipersilakan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum 2019 sesuai dengan hati nurani.

"Pokoknya Muhammadiyah tetap pada khitahnya bahwa tidak ada kecenderungan pada partai politik tertentu, capres/cawapres (calon presiden/calon wakil presiden) tertentu," kata Ketua Umum Pimpinan Muhammadiyah Haedar Nashir di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (3/11/2018).

Haedar mengatakan hal itu kepada wartawan saat ditanya posisi dan sikap Muhammadiyah menjelang Pemilu 2019.

Menurut dia, soal pilihan terhadap capres/cawapres tertentu sudah menjadi pilihan warga.

"Nah, yang jelas-jelas pilihan politik terbuka itu ya partai politik. Tetapi arena partai politik ya memang itu, biarkan saja," katanya.

Akan tetapi kalau organisasi kemasyarakatan (ormas), kata dia, apa pun ormasnya bukan hanya Muhammadiyah tidak dalam kapasitas untuk secara institusi dukung-mendukung.

"Tetapi beri edukasi kepada rakyat lewat pendidikan politik agar mereka melakukan pilihan-pilihan politik yang cerdas, bertanggung jawab, dan tentu membawa kepada kemajuan bangsa," katanya.

Sebelumnya, Haedar meminta warga Muhammadiyah bersikap arif menghadapi perbedaan pilihan politik dalam Pemilu 2019.

Menurut dia, perbedaan pilihan politik juga menjadi hak warga Muhammadiyah namun jangan saling menyalahkan, menghujat, dan menyudutkan pihak yang berbeda.(plt/ant)

tag: #muhammadiyah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...