Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 04 Nov 2018 - 13:44:24 WIB
Bagikan Berita ini :

JK: Kesempatan PNS Kecil, Sekarang Pilihannya Jadi Profesional atau Pengusaha

75images (1).jpeg
Jusuf Kalla (Sumber foto : Istimewa)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengatakan, kesempatan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sangat terbatas, bahkan hanya 3-4 persen dibandingkan lulusan sarjana yang ada, sehingga dibutuhkan gerakan semangat untuk berwirausaha.

"Kesempatan menjadi PNS sangat kecil, untuk itu sekarang ada dua pilihan menjadi profesional atau menjadi pengusaha sendiri," katanya dalam kuliah umum di Universitas Pembangunan Nasional, Yogyakarta, Minggu.

Dalam kesempatan tersebut hadir Rektor UPN Yogyakarta M Irhas Effendi dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAS Paku Alam X dan jajaran forum komunikasi pimpinan daerah.

Wapres mengatakan, dengan kesempatan yang begitu kecil, maka diperlukan semangat gerakan memperkuat kewirausahawan.

Melalui wirausaha muda itulah, maka kesempatan dalam membangun ekonomi bangsa menjadi semakin lebih besar. Melalui wirausahawan pula maka kesenjangan dapat dikurangi, dan lapangan pekerjaan dapat diciptakan.

Kesenjangan yang menciptakan ketidakadilan ekonomi adalah salah satu pemicu konflik dan disintegrasi bangsa. "Dari 15 konflik besar sepanjang Indonesia merdeka, 10 diantaranya diakibatkan karena ketidakadilan," katanya.

Wapres mengatakan, perkembangan teknologi kini telah menciptakan peluang yang luar biasa dalam kewirausahaan.

Kemampuan melihat peluang untuk dijadikan komoditas dan dapat meraih keuntungan merupakan jiwa kewirausahaan yang dibutuhkan.

Bila di masa lalu, bekerja membutuhkan kantor atau tempt fisik, saat ini, yang dibutuhkan adalah tempat kerja. Semua orang dapat bekerja di mana saja. Bahkan di rumah sekalipun.

Wapres mencontohkan, saat ini tanpa memiliki tokopun orang bisa jualan melalui internet (e-commerce), bahkan bisa menjangkau seluruh dunia.

Selain itu, Gojek misalnya, meski mampu melayani pelanggan ojek terbesar di Indonesia namun tidak memiliki motor, katanya.

Untuk itu, Wapres mendorong para pemuda untuk berani berwirausaha, guna membangun perekonomian bangsa, mengatasi kesenjangan dan menjadikan perekonomian yang lebih berkeadilan.(yn/ant)

tag: #jusuf-kalla  #pns  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...