Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 06 Nov 2018 - 11:06:13 WIB
Bagikan Berita ini :

Yusril Merapat ke Jokowi, Pengamat: Tak Ada Musuh yang Abadi

14yusril2.jpg.jpg
Yusril Ihza Mahendra (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PengamatPolitik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno menanggapi sikap Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra yang menjadi pengacara pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dia mengatakan, langkah mengejutkan yang diambil bekas pengacara HTI tersebut menggambarkan bahwa memangtidak ada musuh dan teman abadi dalam politik.

"Orang ramai-ramai merasa dekat Jokowi, enggak penting politiknya apa, ideologinya apa," kata Adi di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Lebih jauh, Adi menilai, Jokowi menunjuk Yusril sebagai pengacara karena ingin mengantisipasi potensi masalah hukum di Pemilu dan Pilpres 2019.

Apalagi, Yusril pernah menjadi pengacara Prabowo-Hatta Rajasa di Pilpres 2014, sehingga itu menjadi poin pentingKetua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir membujuk eks Menteri Kemenkum HAM itu.

"Potensi hukum di Pemilu tentu harus diatasi oleh orang yang dianggap tepat dan paham," tuturnya.

Diketahui, Yusril termasuk tokoh yang sangat lantang menentang kehadiran tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi beberapa waktu lalu.

"Presiden semestinya berpihak kepada rakyat. Bukan ke pasar pemodal dan rakyat asing," kata Yusril pada (1/5/2018) lalu.

Sebelumnya, Pakar Hukum Tata Negara yang juga Advokat senior Yusril Ihza Mahendra dikabarkan ditunjuk menjadi kuasa hukum atau lawyer pasangan calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di pilpres 2019 mendatang.

Ia pun menyatakan siap untuk menjadi pengacara pasangan Jokowi-Ma'ruf. Namun Yusril mengaku bukan bagian dari Timses Jokowi-Ma’ruf.

Hal itu dikatakan Yusril setelah melakukan pertemuan dengan Ketua Timses Erick Thohir di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

"Saya katakan pada Pak Erick Thohir, setelah cukup lama hal ini didiskusikan dengan saya, akhirnya saya memutuskan untuk setuju dan menjadi lawyernya kedua beliau (Jokowi-Ma'ruf) itu," kata Yusril dalam keterangannya, Senin (5/1/2018).

Sebelum ditunjuk, Jokowi telah menitipkan salam melalui Erick Thohir untuk disampaikan kepada Yusril. Dan itu suatu pesan tersirat bahwa Presiden Jokowi menunjuk mantan Menteri Hukum dan HAM era Gus Dur dan Megawati Soekarno Putri.

"Minggu lalu saya bertemu Pak Erick Thohir di Hotel Mulia, Jakarta. Pak Erick adalah Ketua Timsesnya Pak Jokowi. Pak Erick menyampaikan, ada salam dari Pak Jokowi kepada saya. Dan saya (Yusril) pun menyampaikan salam saya kepada Pak Jokowi melalui Pak Erick," ujarnya. (Alf)

tag: #yusrilihza  #jokowi  #pilpres-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement