Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 09 Nov 2018 - 10:33:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Warga Pondok Pesantren Sleman Deklarasikan Pemilu Damai

86Deklarasi-Pemilu-Damai.jpg
Santri di Pondok Pesantren Al-Muhdi Krapyak, Sleman menggelar deklarasi Pemilu Damai 2019, Kamis (08/11/2018) (Sumber foto : Istimewa)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kalangan santri dan wargaPondok Pesantren di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menyatakan siap menjaga suasana yang kondusif jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Sejumlah santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Muhdi Krapyak, Desa Wedomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman menggelar deklarasi Pemilu Damai 2019, Kamis (8/11/2018).

Salah seorang tokoh santri Ponpes Al-Muhdi Krapyak, Samsul Alam mengatakan deklarasi digelar untuk menyerukan agar masyarakat mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

“Ini perlu dilakukan mengingat di tahun politik ini, mulai tampak konflik dalam masyarakat karena perbedaan pilihan politik. Kita lihat di media sosial, saat ini masyarakat saling menghujat dan bahkan bermusuhan karena beda pilihan politik. Deklarasi Pemilu Damai, perlu dilakukan sebagai komitmen untuk menjaga suasana yang kondusif dan menciptakan demokrasi berkualitas,” ujarnya usai deklarasi.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhdi K.H Agus Masruri menuturkan, para santri dan keluarga besar Ponpes Al Muhdi senantiasa siap berperan aktif menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),

“Nanti harapannya para santri juga akan menularkan semangat yang sama sebagaimana tertuang dalam Deklarasi Pemilu Damai kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya, minimal kepada keluarga dan teman-temannya. Ini penting agar proses Pemilu 2019 bisa berjalan dengan aman, damai dan berkualitas, sehingga menghasilkan pemimpin yang dicintai dan mampu mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia” tutur Kyai Masruri.

Selain mendukung Pemilu yang berkualitas, Kyai Masruri juga mengimbau agar para santri tidak mengotori proses demokrasi dengan menyebarkan hoax, fitnah, dan ujaran kebencian. Ia menekankan, bahwa empat konsensus dasar berbangsa, yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945, dan NKRI, wajib dijaga dan dirawat bersama segenap komponen bangsa,

“Kami selalu mengingatkan kepada para santri agar mengedepankan kejujuran, kebenaran serta menolak upaya-upaya yang dapat mengakibatkan perpecahan bangsa,” imbuhnya.

“Kami juga mengimbau agar segenap komponen Bangsa Indonesia untuk saling bekerja sama dan bertanggung jawab moral dalam menjaga dan menjamin rasa aman, tentram dan damai dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkas K.H Agus Masruri.

Berikut isi deklarasi dan pernyataan sikap yang disampaikan santri Ponpes Al Muhdi:

Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim, Kami para Santri keluarga besar PONDOK PESANTREN AL-MUHDI menyatakan :

Siap berperan aktif menjaga Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Siap mendukung Demokrasi berkualitas, tanpa HOAX, fitnah, dan Ujaran kebencian, serta mengedepankan kejujuran, kebenaran serta menolak upaya-upaya yang dapat mengakibatkan perpecahan di masyarakat yang dapat mencederai Pancasila dan UUD 1945.

Menghimbau segenap komponen bangsa Indonesia untuk saling bekerja sama dan bertanggung jawab moral dalam menjaga dan menjamin rasa aman, tentran dan damai dalam kehidupan bermasyarakat.(yn)

tag: #pemilu-2019  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...